Korea meluncurkan baterai EV tahan api yang mempertahankan 87% daya setelah 1000 siklus.
Courtesy of InterestingEngineering

Rangkuman Berita: Korea meluncurkan baterai EV tahan api yang mempertahankan 87% daya setelah 1000 siklus.

InterestingEngineering
Dari InterestingEngineering
31 Desember 2024 pukul 21.29 WIB
125 dibaca
Share
Peneliti di Daegu Gyeongbuk Institute of Science and Technology (DGIST) di Korea Selatan telah mengembangkan baterai lithium-ion dengan elektrolit polimer padat tiga lapis yang dapat memadamkan api jika terbakar dan tahan terhadap ledakan. Baterai ini juga memiliki umur yang lebih baik dibandingkan baterai lithium-ion konvensional. Baterai lithium-ion sangat penting dalam transisi energi bersih, menggantikan bahan bakar fosil dengan energi terbarukan. Namun, baterai ini biasanya menggunakan elektrolit cair yang berisiko terbakar dan dapat menyebabkan korsleting.
Tim peneliti yang dipimpin oleh Kim Jae-hyun berhasil mengatasi masalah ini dengan menciptakan sistem elektrolit polimer padat tiga lapis. Setiap lapisan memiliki fungsi khusus, di mana lapisan tengah yang kuat terbuat dari zeolit memberikan kekuatan, sementara lapisan luar yang lebih lembut meningkatkan kontak elektroda dan efisiensi baterai. Dalam pengujian laboratorium, baterai ini menunjukkan kinerja yang baik bahkan setelah 1.000 siklus pengisian dan pengosongan, mempertahankan 87,9 persen dari kinerjanya, lebih baik dibandingkan baterai lithium-ion biasa. Penelitian ini diharapkan dapat membantu komersialisasi baterai lithium metal yang lebih stabil dan efisien.

Pertanyaan Terkait

Q
Apa yang dikembangkan oleh peneliti di DGIST?
A
Peneliti di DGIST mengembangkan elektrolit polimer padat dengan lapisan tiga yang dapat memadamkan api dan tahan terhadap ledakan.
Q
Mengapa baterai lithium-ion konvensional berisiko terbakar?
A
Baterai lithium-ion konvensional menggunakan elektrolit cair yang berisiko terbakar karena bahan organik yang digunakan.
Q
Apa keunggulan dari elektrolit polimer padat yang dikembangkan?
A
Elektrolit polimer padat yang dikembangkan menunjukkan umur yang lebih baik dan dapat mempertahankan kinerja lebih baik setelah 1.000 siklus pengisian dan pengosongan.
Q
Siapa yang memimpin tim penelitian di DGIST?
A
Tim penelitian di DGIST dipimpin oleh Kim Jae-hyun.
Q
Di mana hasil penelitian ini dipublikasikan?
A
Hasil penelitian ini dipublikasikan di jurnal Small.

Rangkuman Berita Serupa

Peneliti AS memecahkan teka-teki baterai solid-state untuk EV yang lebih kuat dengan jarak tempuh yang lebih panjang.InterestingEngineering
Teknologi
1 bulan lalu
43 dibaca
Peneliti AS memecahkan teka-teki baterai solid-state untuk EV yang lebih kuat dengan jarak tempuh yang lebih panjang.
"Baterai EV tanpa anoda yang 'mustahil' menjanjikan jarak lebih dari 804.67 km (500 mil) dalam sekali pengisian."InterestingEngineering
Teknologi
1 bulan lalu
148 dibaca
"Baterai EV tanpa anoda yang 'mustahil' menjanjikan jarak lebih dari 804.67 km (500 mil) dalam sekali pengisian."
Jarak tempuh kendaraan listrik meningkat dengan teknologi baterai terobosan yang menjanjikan retensi kapasitas sebesar 97%.InterestingEngineering
Teknologi
2 bulan lalu
80 dibaca
Jarak tempuh kendaraan listrik meningkat dengan teknologi baterai terobosan yang menjanjikan retensi kapasitas sebesar 97%.
Ilmuwan AS menggunakan neutron untuk mengembangkan baterai solid-state yang lebih aman dan pengisian yang lebih cepat.InterestingEngineering
Teknologi
2 bulan lalu
138 dibaca
Ilmuwan AS menggunakan neutron untuk mengembangkan baterai solid-state yang lebih aman dan pengisian yang lebih cepat.
Baterai aluminium terobosan mempertahankan lebih dari 99% kapasitas setelah 10.000 siklus.InterestingEngineering
Teknologi
2 bulan lalu
119 dibaca
Baterai aluminium terobosan mempertahankan lebih dari 99% kapasitas setelah 10.000 siklus.
25.000 siklus pengisian, kapasitas 80% tercapai dalam terobosan baterai lithium-sulfur.InterestingEngineering
Teknologi
3 bulan lalu
135 dibaca
25.000 siklus pengisian, kapasitas 80% tercapai dalam terobosan baterai lithium-sulfur.
AS merancang elektrolit yang kuat untuk meningkatkan umur, energi, dan efisiensi baterai lithium-sulfur.InterestingEngineering
Teknologi
3 bulan lalu
40 dibaca
AS merancang elektrolit yang kuat untuk meningkatkan umur, energi, dan efisiensi baterai lithium-sulfur.