Jarak tempuh kendaraan listrik meningkat dengan teknologi baterai terobosan yang menjanjikan retensi kapasitas sebesar 97%.
Courtesy of InterestingEngineering

Rangkuman Berita: Jarak tempuh kendaraan listrik meningkat dengan teknologi baterai terobosan yang menjanjikan retensi kapasitas sebesar 97%.

InterestingEngineering
Dari InterestingEngineering
06 Februari 2025 pukul 19.46 WIB
79 dibaca
Share
Peneliti dari Seoul National University of Science and Technology (Seoultech) telah membuat terobosan penting dalam teknologi baterai lithium-ion yang dapat meningkatkan keandalan dan efisiensi biaya kendaraan listrik (EV) serta sistem penyimpanan energi. Mereka mengembangkan teknik baru untuk meningkatkan kinerja dan stabilitas katoda LiNi₀.₅Mn₁.₅O₄ (LNMO), yang merupakan bahan menjanjikan untuk baterai berenergi tinggi. Dengan menggunakan metode kimia basah yang dibantu KOH, tim peneliti menciptakan lapisan pelindung yang mencegah dekomposisi elektrolit, sehingga meningkatkan umur siklus dan stabilitas baterai.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa katoda yang telah dimodifikasi ini memiliki kapasitas pelepasan yang lebih baik dan dapat mempertahankan kinerjanya setelah 100 siklus pengisian. Penemuan ini diharapkan dapat mempercepat penggunaan baterai dalam kendaraan listrik dan sistem penyimpanan energi yang lebih besar, dengan meningkatkan kepadatan energi dan keselamatan. Selain itu, ada juga kemajuan lain dalam industri baterai, seperti teknologi elektrolit baru yang dikembangkan oleh perusahaan AS, Anthro Energy, yang dapat membuat baterai lebih kuat dan tahan lama.

Pertanyaan Terkait

Q
Apa terobosan terbaru yang dicapai oleh peneliti di Seoultech?
A
Peneliti di Seoultech telah mencapai terobosan dalam teknologi baterai lithium-ion yang meningkatkan kinerja dan stabilitas katoda LNMO.
Q
Apa yang menjadi fokus penelitian Profesor Dongwook Han?
A
Fokus penelitian Profesor Dongwook Han adalah meningkatkan kinerja dan stabilitas katoda LNMO untuk aplikasi kendaraan listrik dan sistem penyimpanan energi.
Q
Bagaimana cara kerja lapisan pelindung K₂CO₃ pada katoda LNMO?
A
Lapisan pelindung K₂CO₃ berfungsi sebagai penghalang terhadap dekomposisi elektrolit, mencegah pembentukan lapisan resistif yang menghambat kinerja baterai.
Q
Apa dampak dari reaksi samping pada kinerja baterai lithium-ion?
A
Reaksi samping dapat menyebabkan dekomposisi elektrolit yang mengurangi kinerja baterai dari waktu ke waktu.
Q
Apa yang dilakukan Penn State dalam penelitian ekstraksi lithium?
A
Penn State telah mengembangkan metode elektrokimia yang efisien untuk mengekstrak lithium dari bijih dengan efisiensi 92% dan mengurangi emisi sebesar 75%.

Rangkuman Berita Serupa

Desain baterai EV 'perbaikan diri' gaya sandwich dapat mengakhiri kecemasan jarak tempuh.InterestingEngineering
Teknologi
1 bulan lalu
53 dibaca
Desain baterai EV 'perbaikan diri' gaya sandwich dapat mengakhiri kecemasan jarak tempuh.
Ilmuwan AS memecahkan kode baterai EV berenergi tinggi untuk mengatasi kecemasan jarak tempuh dan keselamatan.InterestingEngineering
Teknologi
1 bulan lalu
55 dibaca
Ilmuwan AS memecahkan kode baterai EV berenergi tinggi untuk mengatasi kecemasan jarak tempuh dan keselamatan.
Terobosan baterai EV solid-state dengan katoda Ni mempertahankan 80% kapasitas setelah 300 siklus.InterestingEngineering
Teknologi
1 bulan lalu
118 dibaca
Terobosan baterai EV solid-state dengan katoda Ni mempertahankan 80% kapasitas setelah 300 siklus.
Peneliti AS memecahkan teka-teki baterai solid-state untuk EV yang lebih kuat dengan jarak tempuh yang lebih panjang.InterestingEngineering
Teknologi
1 bulan lalu
42 dibaca
Peneliti AS memecahkan teka-teki baterai solid-state untuk EV yang lebih kuat dengan jarak tempuh yang lebih panjang.
Teknologi baterai EV terobosan mengatasi kecemasan jarak tempuh, mencapai 595.46 km (370 mil) dalam satu pengisian.InterestingEngineering
Teknologi
1 bulan lalu
29 dibaca
Teknologi baterai EV terobosan mengatasi kecemasan jarak tempuh, mencapai 595.46 km (370 mil) dalam satu pengisian.
Penelitian terobosan mengatasi hambatan kunci untuk baterai Li-ion yang lebih tahan lama bagi kendaraan listrik (EV).InterestingEngineering
Teknologi
2 bulan lalu
85 dibaca
Penelitian terobosan mengatasi hambatan kunci untuk baterai Li-ion yang lebih tahan lama bagi kendaraan listrik (EV).