
Norwegia sedang membangun sebuah terowongan jalan bawah laut yang akan menjadi yang terpanjang dan terdalam di dunia, bernama Rogfast. Terowongan ini akan menghubungkan kota Stavanger dan Bergen, menggantikan perjalanan dengan feri yang selama ini digunakan. Proyek ini penting untuk mempercepat perjalanan dan meningkatkan konektivitas wilayah pesisir barat Norwegia.
Penyedia konstruksi asal Swedia, Skanska AB, mengerjakan proyek ini di bawah kontrak yang diberikan oleh Norwegian Public Roads Administration. Meskipun proyek sempat tertunda karena kenaikan biaya dan masalah kontrak, pembangunan sudah dilanjutkan kembali dengan target penyelesaian pada tahun 2033 dan estimasi biaya sekitar 2,4 miliar USD.
Terowongan Rogfast memiliki panjang sekitar 26,7 kilometer dengan dua tabung paralel yang masing-masing memuat dua jalur lalu lintas. Salah satu fitur uniknya adalah putaran bawah tanah ganda yang terletak di kedalaman sekitar 260 meter di bawah permukaan laut yang akan menghubungkan ke pulau kecil Kvitsøy.
Dalam proses konstruksi, teknologi seperti laser scanner dan digital twin digunakan untuk memastikan presisi penyambungan terowongan tidak lebih dari 5 sentimeter. Selain itu, tantangan utama yang dihadapi adalah tekanan air laut yang sangat tinggi dan kebocoran yang sering terjadi, sehingga digunakan metode sealing dan grouting yang sangat canggih untuk menjaga keamanan dan kestabilan.
Setelah selesai, terowongan ini diharapkan dapat memangkas waktu perjalanan antara Stavanger dan Bergen hingga 40 menit, mengurangi emisi karena berkurangnya penggunaan feri, dan meningkatkan mobilitas rakyat di wilayah pesisir barat. Proyek ini menjadi contoh terobosan teknologi infrastruktur bawah laut yang ambisius dan berkelas dunia.