Rogfast: Terowongan Bawah Laut Terpanjang Norwegia yang Revolusioner
Courtesy of InterestingEngineering

Rogfast: Terowongan Bawah Laut Terpanjang Norwegia yang Revolusioner

Membangun terowongan jalan bawah laut terpanjang dan terdalam untuk mempercepat perjalanan antara Stavanger dan Bergen, menghilangkan kebutuhan feri, dan meningkatkan konektivitas serta mengurangi emisi di wilayah pesisir barat Norwegia.

03 Des 2025, 22.47 WIB
272 dibaca
Share
Ikhtisar 15 Detik
  • Rogfast akan menjadi terowongan jalan bawah laut terpanjang dan terdalam di dunia.
  • Proyek ini bertujuan untuk meningkatkan konektivitas dan mengurangi waktu perjalanan antara Stavanger dan Bergen.
  • Teknologi canggih dan metode inovatif digunakan untuk mengatasi tantangan konstruksi di bawah tekanan tinggi dan risiko kebocoran air asin.
Stavanger dan Bergen, Norwegia - Norwegia sedang membangun sebuah terowongan jalan bawah laut yang akan menjadi yang terpanjang dan terdalam di dunia, bernama Rogfast. Terowongan ini akan menghubungkan kota Stavanger dan Bergen, menggantikan perjalanan dengan feri yang selama ini digunakan. Proyek ini penting untuk mempercepat perjalanan dan meningkatkan konektivitas wilayah pesisir barat Norwegia.
Penyedia konstruksi asal Swedia, Skanska AB, mengerjakan proyek ini di bawah kontrak yang diberikan oleh Norwegian Public Roads Administration. Meskipun proyek sempat tertunda karena kenaikan biaya dan masalah kontrak, pembangunan sudah dilanjutkan kembali dengan target penyelesaian pada tahun 2033 dan estimasi biaya sekitar 2,4 miliar USD.
Terowongan Rogfast memiliki panjang sekitar 26,7 kilometer dengan dua tabung paralel yang masing-masing memuat dua jalur lalu lintas. Salah satu fitur uniknya adalah putaran bawah tanah ganda yang terletak di kedalaman sekitar 260 meter di bawah permukaan laut yang akan menghubungkan ke pulau kecil Kvitsøy.
Dalam proses konstruksi, teknologi seperti laser scanner dan digital twin digunakan untuk memastikan presisi penyambungan terowongan tidak lebih dari 5 sentimeter. Selain itu, tantangan utama yang dihadapi adalah tekanan air laut yang sangat tinggi dan kebocoran yang sering terjadi, sehingga digunakan metode sealing dan grouting yang sangat canggih untuk menjaga keamanan dan kestabilan.
Setelah selesai, terowongan ini diharapkan dapat memangkas waktu perjalanan antara Stavanger dan Bergen hingga 40 menit, mengurangi emisi karena berkurangnya penggunaan feri, dan meningkatkan mobilitas rakyat di wilayah pesisir barat. Proyek ini menjadi contoh terobosan teknologi infrastruktur bawah laut yang ambisius dan berkelas dunia.
Referensi:
[1] https://interestingengineering.com/transportation/worlds-deepest-road-tunnel

Analisis Ahli

Anne Brit Moen
"Teknologi laser scanners dan digital twin sangat penting untuk memastikan presisi pemasangan terowongan pada kedalaman ekstrem, mendeteksi kebocoran secara dini dan menjaga keselamatan selama konstruksi."

Analisis Kami

"Proyek Rogfast menunjukkan keberanian Norwegia dalam menghadapi tantangan teknik ekstrim untuk meningkatkan infrastruktur yang sangat dibutuhkan. Namun, penundaan dan biaya yang membengkak mengindikasikan bahwa proyek berskala besar seperti ini memerlukan manajemen risiko yang lebih ketat dan inovasi berkelanjutan dalam teknologi konstruksi bawah laut."

Prediksi Kami

Setelah selesai, Rogfast akan merevolusi transportasi pesisir barat Norwegia dengan memperpendek waktu perjalanan, mengurangi kemacetan dan emisi, serta menjadi model bagi teknologi terowongan bawah laut di masa depan meskipun tantangan teknis yang kompleks masih perlu diatasi.

Pertanyaan Terkait

Q
Apa tujuan utama proyek Rogfast?
A
Tujuan utama proyek Rogfast adalah menciptakan koneksi jalan bawah laut yang langsung dan tanpa feri antara Stavanger dan Bergen.
Q
Siapa yang membangun terowongan Rogfast?
A
Terowongan Rogfast dibangun oleh perusahaan konstruksi Swedia, Skanska AB.
Q
Berapa kedalaman maksimum terowongan Rogfast?
A
Kedalaman maksimum terowongan Rogfast adalah 1.280 kaki (390 meter) di bawah permukaan laut.
Q
Apa yang akan terjadi di tengah terowongan Rogfast?
A
Di tengah terowongan Rogfast, akan ada roundabout bawah tanah ganda yang luas untuk akses ke pulau Kvitsøy.
Q
Mengapa teknologi canggih digunakan dalam proyek ini?
A
Teknologi canggih digunakan dalam proyek ini untuk memastikan presisi yang tinggi dan untuk mendeteksi deviasi terkecil selama konstruksi.