Kapal bertenaga amonia 'pertama di dunia' sedang dalam tahap konstruksi di pabrik HD Hyundai.
Courtesy of InterestingEngineering

Rangkuman Berita: Kapal bertenaga amonia 'pertama di dunia' sedang dalam tahap konstruksi di pabrik HD Hyundai.

InterestingEngineering
Dari InterestingEngineering
08 Januari 2025 pukul 22.23 WIB
107 dibaca
Share
HD Hyundai Mipo, sebuah perusahaan pembuat kapal terkenal dari Korea Selatan, telah memulai pembangunan kapal pertama di dunia yang menggunakan bahan bakar amonia. Kapal ini dipesan oleh EXMAR, sebuah perusahaan pelayaran dari Belgia, dan akan dilengkapi dengan mesin dual-fuel yang canggih. EXMAR telah memesan enam kapal pengangkut gas yang dapat menggunakan LPG dan amonia, dengan dua kapal pertama yang diberi nama Champagny dan Courchevel. Amonia dipilih sebagai bahan bakar alternatif karena tidak menghasilkan karbon dioksida saat dibakar, sehingga membantu mengurangi emisi gas rumah kaca dan melawan perubahan iklim.
Kapal-kapal ini dirancang dengan berbagai teknologi ramah lingkungan, termasuk sistem deteksi kebocoran amonia dan sistem pengendalian kebocoran. Kapal-kapal ini juga memiliki ukuran yang besar, dengan panjang 190 meter dan lebar 30,4 meter, serta mampu menampung hingga 46.000 meter kubik gas cair. Setelah selesai, kapal-kapal ini akan dikelola oleh divisi pengangkut gas baru EXMAR dan diharapkan mulai beroperasi pada kuartal kedua tahun 2026.

Pertanyaan Terkait

Q
Apa yang sedang dibangun oleh HD Hyundai Mipo?
A
HD Hyundai Mipo sedang membangun kapal bertenaga amonia pertama di dunia.
Q
Mengapa amonia dianggap sebagai bahan bakar alternatif yang menjanjikan?
A
Amonia dianggap sebagai bahan bakar alternatif yang menjanjikan karena sifatnya yang bebas karbon dan tidak menghasilkan karbon dioksida saat dibakar.
Q
Apa nama dua kapal yang baru saja dinamai oleh EXMAR?
A
Dua kapal yang baru saja dinamai oleh EXMAR adalah Champagny dan Courchevel.
Q
Apa fitur keselamatan yang diterapkan pada kapal-kapal ini?
A
Fitur keselamatan yang diterapkan termasuk sensor deteksi kebocoran amonia dan sistem penyemprotan air untuk mengatasi kebocoran.
Q
Kapan kapal-kapal ini diharapkan mulai beroperasi?
A
Kapal-kapal ini diharapkan mulai beroperasi pada kuartal kedua tahun 2026.

Rangkuman Berita Serupa

Kater terbesar di dunia yang menggunakan tenaga hidrogen akan mengangkut 1.500 orang dan 400 kendaraan.InterestingEngineering
Teknologi
2 bulan lalu
137 dibaca
Kater terbesar di dunia yang menggunakan tenaga hidrogen akan mengangkut 1.500 orang dan 400 kendaraan.
Kapal lepas pantai sepenuhnya listrik pertama di dunia dengan baterai 25MWh akan diluncurkan pada tahun 2027.InterestingEngineering
Teknologi
2 bulan lalu
76 dibaca
Kapal lepas pantai sepenuhnya listrik pertama di dunia dengan baterai 25MWh akan diluncurkan pada tahun 2027.
Kapalsel cargo terpanjang di dunia: Kapal layar kargo sepanjang 450 kaki dengan kapasitas muatan 5.842 ton diluncurkan.InterestingEngineering
Sains
2 bulan lalu
82 dibaca
Kapalsel cargo terpanjang di dunia: Kapal layar kargo sepanjang 450 kaki dengan kapasitas muatan 5.842 ton diluncurkan.
Kapal pertama di dunia dengan sistem penyedot karbon skala penuh mengurangi emisi sebesar 70%.InterestingEngineering
Sains
2 bulan lalu
42 dibaca
Kapal pertama di dunia dengan sistem penyedot karbon skala penuh mengurangi emisi sebesar 70%.
Norwegia menjajaki propulsi reaktor nuklir untuk menggerakkan armada pengiriman komersial.InterestingEngineering
Sains
3 bulan lalu
166 dibaca
Norwegia menjajaki propulsi reaktor nuklir untuk menggerakkan armada pengiriman komersial.
Pengiriman Kembali ke Masa Depan - Dengan Layang-layangForbes
Sains
3 bulan lalu
130 dibaca
Pengiriman Kembali ke Masa Depan - Dengan Layang-layang