Retrofit mesin hidrogen-diesel yang mutakhir dapat memberikan pengurangan bahan bakar sebesar 20% dalam pengiriman.
Courtesy of InterestingEngineering

Rangkuman Berita: Retrofit mesin hidrogen-diesel yang mutakhir dapat memberikan pengurangan bahan bakar sebesar 20% dalam pengiriman.

InterestingEngineering
Dari InterestingEngineering
20 Maret 2025 pukul 22.44 WIB
83 dibaca
Share
Ikhtisar 15 Detik
  • Kolaborasi antara Lomar Shipping dan Newlight bertujuan untuk mengembangkan teknologi retrofit yang ramah lingkungan.
  • Teknologi retrofit hidrogen-diesel dapat mengurangi emisi tanpa perlu mengganti sistem propulsi secara keseluruhan.
  • Industri maritim perlu mengambil langkah-langkah segera untuk mencapai target dekarbonisasi dan meningkatkan efisiensi energi.
Lomar Shipping, melalui inovasi lomarlabs, akan mulai menguji teknologi retrofit mesin hidrogen-diesel di dunia nyata pada musim panas 2025. Mereka bekerja sama dengan Newlight, perusahaan teknologi yang mengkhususkan diri dalam retrofit mesin hidrogen-diesel. Kerja sama ini bertujuan untuk membantu industri maritim memenuhi target pengurangan emisi yang ditetapkan oleh International Maritime Organization (IMO). Teknologi ini memungkinkan kapal yang sudah ada untuk menggunakan campuran hidrogen dan diesel, sehingga mengurangi emisi dan meningkatkan efisiensi energi tanpa perlu mengganti seluruh sistem propulsi.
Proyek pilot ini akan melibatkan retrofitting salah satu kapal Lomar dengan teknologi Newlight, dan setelah pemasangan, kapal tersebut akan menjalani uji coba di pelabuhan dan laut. Dengan teknologi ini, diharapkan dapat mengurangi konsumsi bahan bakar rata-rata sebesar 20%. Lomar dan Newlight percaya bahwa langkah-langkah praktis seperti ini penting untuk mengurangi emisi dan membuat kapal lebih efisien, sambil tetap mempertimbangkan kebutuhan jangka panjang untuk mencapai emisi nol di industri maritim.

Pertanyaan Terkait

Q
Apa tujuan kolaborasi antara Lomar Shipping dan Newlight?
A
Tujuan kolaborasi antara Lomar Shipping dan Newlight adalah untuk mempercepat adopsi solusi rendah emisi yang hemat biaya untuk industri pelayaran.
Q
Apa yang dimaksud dengan teknologi retrofit hidrogen-diesel?
A
Teknologi retrofit hidrogen-diesel adalah teknologi yang memungkinkan mesin diesel yang ada untuk beroperasi dengan campuran hidrogen dan diesel, mengurangi emisi.
Q
Mengapa dekarbonisasi penting bagi industri maritim?
A
Dekarbonisasi penting bagi industri maritim untuk memenuhi target yang ditetapkan oleh International Maritime Organization (IMO) dan mengurangi dampak lingkungan.
Q
Apa yang diharapkan dari proyek percontohan yang akan dilakukan?
A
Dari proyek percontohan yang akan dilakukan, diharapkan dapat mengumpulkan data dan menilai kinerja kapal setelah retrofit.
Q
Siapa yang mengungkapkan pentingnya tindakan segera dalam dekarbonisasi?
A
Stylianos Papageorgiou mengungkapkan pentingnya tindakan segera dalam dekarbonisasi.

Rangkuman Berita Serupa

Kapalsel cargo terpanjang di dunia: Kapal layar kargo sepanjang 450 kaki dengan kapasitas muatan 5.842 ton diluncurkan.InterestingEngineering
Sains
2 bulan lalu
82 dibaca
Kapalsel cargo terpanjang di dunia: Kapal layar kargo sepanjang 450 kaki dengan kapasitas muatan 5.842 ton diluncurkan.
Kapal pertama di dunia dengan sistem penyedot karbon skala penuh mengurangi emisi sebesar 70%.InterestingEngineering
Sains
2 bulan lalu
42 dibaca
Kapal pertama di dunia dengan sistem penyedot karbon skala penuh mengurangi emisi sebesar 70%.
Kapal bertenaga amonia 'pertama di dunia' sedang dalam tahap konstruksi di pabrik HD Hyundai.InterestingEngineering
Sains
3 bulan lalu
107 dibaca
Kapal bertenaga amonia 'pertama di dunia' sedang dalam tahap konstruksi di pabrik HD Hyundai.
Norwegia menjajaki propulsi reaktor nuklir untuk menggerakkan armada pengiriman komersial.InterestingEngineering
Sains
3 bulan lalu
166 dibaca
Norwegia menjajaki propulsi reaktor nuklir untuk menggerakkan armada pengiriman komersial.
Pengiriman Kembali ke Masa Depan - Dengan Layang-layangForbes
Sains
3 bulan lalu
130 dibaca
Pengiriman Kembali ke Masa Depan - Dengan Layang-layang
China meluncurkan kapal kontainer bertenaga hidrogen dengan kapasitas angkut 1.450 ton yang pertama.InterestingEngineering
Sains
4 bulan lalu
117 dibaca
China meluncurkan kapal kontainer bertenaga hidrogen dengan kapasitas angkut 1.450 ton yang pertama.