Courtesy of InterestingEngineering
Perusahaan pembuat kapal Norwegia, Vard, bekerja sama dengan Universitas Sains dan Teknologi Norwegia di Ålesund untuk mengeksplorasi penggunaan propulsi nuklir dalam industri maritim melalui proyek NuProShip I. Proyek ini bertujuan untuk menilai kemungkinan penggunaan teknologi reaktor nuklir generasi keempat dalam pengiriman komersial, yang dapat menjadi alternatif tanpa emisi untuk bahan bakar fosil. Industri pengiriman global menghasilkan sekitar 1.000 juta ton CO2 setiap tahun, yang berkontribusi pada 3% dari total emisi global. Tanpa tindakan tegas, emisi dari pengiriman diperkirakan bisa meningkat hingga 50% pada pertengahan abad ini.
Dalam proyek ini, Vard telah menilai 99 perusahaan yang mengembangkan teknologi reaktor canggih dan memilih tiga jenis reaktor yang menjanjikan. Reaktor tersebut adalah reaktor garam cair suhu tinggi dari Kairos Power, reaktor gas yang didinginkan helium dari Ultrasafe, dan reaktor cepat yang didinginkan timbal dari Blykalla. Vard juga berkolaborasi dengan berbagai pihak untuk mengatasi tantangan teknis dalam mengintegrasikan reaktor nuklir ke dalam kapal. Setelah proyek NuProShip I selesai pada akhir 2024, proyek ini akan berlanjut ke NuProShip II, yang akan melibatkan lebih banyak pihak untuk mengevaluasi kelayakan bisnis propulsi nuklir. Proyek ini diharapkan dapat mengurangi emisi gas rumah kaca dan mendukung keberlanjutan di industri maritim.
Pertanyaan Terkait
Q
Apa tujuan dari proyek NuProShip?A
Tujuan dari proyek NuProShip adalah untuk mengeksplorasi potensi propulsi nuklir dalam aplikasi maritim dan menawarkan alternatif nol emisi untuk bahan bakar fosil.Q
Siapa saja pemangku kepentingan yang terlibat dalam proyek ini?A
Pemangku kepentingan yang terlibat dalam proyek ini termasuk Vard, Norwegian University of Science and Technology, DNV, Norwegian Maritime Authority, Knutsen Group, dan IDOM.Q
Apa saja jenis reaktor yang dipilih untuk proyek NuProShip?A
Jenis reaktor yang dipilih untuk proyek NuProShip adalah Kairos Power (reaktor garam cair suhu tinggi), Ultrasafe (reaktor gas pendingin helium), dan Blykalla (reaktor cepat pendingin timbal).Q
Mengapa dekarbonisasi penting dalam industri pengiriman?A
Dekarbonisasi penting dalam industri pengiriman karena industri ini menyumbang sekitar 3% dari emisi global, dan tanpa langkah-langkah ketat, emisi dapat meningkat hingga 50% pada pertengahan abad.Q
Apa tantangan yang dihadapi dalam penerapan teknologi nuklir di pengiriman komersial?A
Tantangan yang dihadapi dalam penerapan teknologi nuklir di pengiriman komersial termasuk kerangka regulasi, persepsi publik, dan kompleksitas teknis dalam penerapan reaktor nuklir.