Kapal pertama di dunia dengan sistem penyedot karbon skala penuh mengurangi emisi sebesar 70%.
Courtesy of InterestingEngineering

Rangkuman Berita: Kapal pertama di dunia dengan sistem penyedot karbon skala penuh mengurangi emisi sebesar 70%.

InterestingEngineering
Dari InterestingEngineering
31 Januari 2025 pukul 20.09 WIB
41 dibaca
Share
Solvang ASA, sebuah perusahaan pelayaran asal Norwegia, telah meluncurkan Clipper Eris, kapal pertama di dunia yang dilengkapi dengan sistem penangkapan dan penyimpanan karbon (OCCS) secara penuh. Sistem ini dirancang untuk mengurangi emisi karbon hingga 70 persen dan memungkinkan penggunaan kembali karbon yang disimpan dalam industri pengolahan makanan. Industri pelayaran sangat penting untuk perdagangan global, tetapi juga merupakan penyumbang besar emisi karbon, sehingga diperlukan langkah-langkah untuk mengurangi dampak ini dengan menggunakan bahan bakar yang lebih bersih.
Perusahaan ini telah bekerja selama lebih dari satu dekade untuk menciptakan kapal yang lebih efisien dan mengurangi emisi berbahaya. Clipper Eris telah menjalani modifikasi di Singapura untuk menerapkan teknologi OCCS yang baru, yang akan membantu memenuhi regulasi emisi yang lebih ketat di masa depan. Jika uji coba selama dua tahun ini berhasil, Solvang ASA berencana untuk memasang sistem OCCS pada tujuh kapal baru lainnya. Teknologi ini diharapkan menjadi solusi yang menjanjikan untuk mengurangi emisi di armada pelayaran dunia.

Pertanyaan Terkait

Q
Apa itu Clipper Eris?
A
Clipper Eris adalah kapal pengangkut etilena yang dilengkapi dengan sistem penangkapan dan penyimpanan karbon (OCCS) pertama di dunia.
Q
Bagaimana sistem OCCS dapat mengurangi emisi karbon?
A
Sistem OCCS dapat mengurangi emisi karbon hingga 70 persen dengan menangkap dan menyimpan karbon dioksida dari proses pembakaran bahan bakar.
Q
Siapa yang mengembangkan sistem penangkapan karbon di kapal?
A
Sistem penangkapan karbon di kapal dikembangkan oleh Solvang ASA bekerja sama dengan Wärtsilä dan lembaga penelitian SINTEF.
Q
Apa tujuan dari regulasi emisi yang diterapkan oleh IMO?
A
Tujuan dari regulasi emisi yang diterapkan oleh IMO adalah untuk mencapai emisi net-zero dari operasi pelayaran pada tahun 2050.
Q
Mengapa penting untuk mendukung infrastruktur global untuk pengolahan CO2?
A
Mendukung infrastruktur global untuk pengolahan CO2 penting agar karbon yang ditangkap dapat digunakan kembali dalam industri darat.

Rangkuman Berita Serupa

Kapal lepas pantai sepenuhnya listrik pertama di dunia dengan baterai 25MWh akan diluncurkan pada tahun 2027.InterestingEngineering
Teknologi
2 bulan lalu
76 dibaca
Kapal lepas pantai sepenuhnya listrik pertama di dunia dengan baterai 25MWh akan diluncurkan pada tahun 2027.
Kapalsel cargo terpanjang di dunia: Kapal layar kargo sepanjang 450 kaki dengan kapasitas muatan 5.842 ton diluncurkan.InterestingEngineering
Sains
2 bulan lalu
81 dibaca
Kapalsel cargo terpanjang di dunia: Kapal layar kargo sepanjang 450 kaki dengan kapasitas muatan 5.842 ton diluncurkan.
Pengiriman Kembali ke Masa Depan - Dengan Layang-layangForbes
Sains
3 bulan lalu
130 dibaca
Pengiriman Kembali ke Masa Depan - Dengan Layang-layang
China meluncurkan kapal kontainer bertenaga hidrogen dengan kapasitas angkut 1.450 ton yang pertama.InterestingEngineering
Sains
4 bulan lalu
117 dibaca
China meluncurkan kapal kontainer bertenaga hidrogen dengan kapasitas angkut 1.450 ton yang pertama.
Startup AS meluncurkan sistem baru untuk menangkap 4.000 ton CO2 dan memproduksi 100 ton hidrogen.InterestingEngineering
Sains
4 bulan lalu
102 dibaca
Startup AS meluncurkan sistem baru untuk menangkap 4.000 ton CO2 dan memproduksi 100 ton hidrogen.
Roda rotor setinggi 114 kaki menjadikan Sohar Max kapal terbesar di dunia yang menggunakan propulsi angin.InterestingEngineering
Sains
4 bulan lalu
122 dibaca
Roda rotor setinggi 114 kaki menjadikan Sohar Max kapal terbesar di dunia yang menggunakan propulsi angin.