Courtesy of InterestingEngineering
Hitachi Rail, Angel Trains, dan TransPennine Express baru-baru ini melakukan percobaan pertama di Inggris dengan kereta antar kota yang menggunakan tenaga baterai. Percobaan ini menunjukkan bahwa sistem baterai dapat mengalahkan mesin diesel dalam hal dampak lingkungan dan penghematan biaya. Kereta ini dilengkapi dengan sistem baterai 700 kW yang dapat mencapai kecepatan lebih dari 120.70 km/jam (75 mph) dan beroperasi hingga 69.20 km (43 mil) tanpa perlu infrastruktur mahal seperti kabel overhead. Selain itu, kereta ini dapat menghemat hingga 50% biaya bahan bakar, dan memiliki mode "Eco" yang mengurangi ketergantungan pada diesel.
Baca juga: Desain baterai EV 'perbaikan diri' gaya sandwich dapat mengakhiri kecemasan jarak tempuh.
Setelah keberhasilan percobaan ini, Hitachi Rail berencana mengembangkan kereta listrik baterai antar kota dengan jangkauan lebih jauh, antara 62-93 mil. Ini akan memungkinkan kereta beroperasi di jalur yang tidak teraliri listrik, sehingga mengurangi biaya dan kompleksitas jaringan kereta. Menteri Kereta Api Inggris, Lord Hendy, menyatakan bahwa proyek ini akan membantu menciptakan perjalanan yang lebih ramah lingkungan dan dapat diandalkan bagi banyak penumpang. Dengan kolaborasi bersama Innovate UK dan Universitas Birmingham, Hitachi berupaya mengembangkan teknologi baterai generasi berikutnya untuk meningkatkan efisiensi dan keberlanjutan kereta di Inggris.