Hidrogen Telah Gagal Dalam Mobil Dan Tidak Akan Menggerakkan Truk Juga
Courtesy of Forbes

Rangkuman Berita: Hidrogen Telah Gagal Dalam Mobil Dan Tidak Akan Menggerakkan Truk Juga

Forbes
DariĀ Forbes
08 Februari 2025 pukul 14.43 WIB
96 dibaca
Share
Ikhtisar 15 Detik
  • Hidrogen tidak terbukti menjadi solusi yang efisien untuk kendaraan berat.
  • Kendaraan listrik baterai semakin mendominasi pasar kendaraan penumpang dan truk.
  • Kebutuhan pelanggan harus menjadi fokus utama dalam pengembangan solusi transportasi.
Pada paruh pertama tahun 2024, penjualan mobil berbahan bakar sel hidrogen hanya mencapai 5.621 unit, sementara mobil listrik berbaterai terjual sebanyak 4,5 juta unit. Hal ini menunjukkan bahwa hidrogen tidak menjadi pilihan utama untuk transportasi penumpang. Namun, beberapa orang masih percaya bahwa hidrogen bisa menjadi solusi untuk kendaraan yang lebih besar, seperti truk. Mike Nakrani, CEO VEV, menjelaskan bahwa meskipun ada upaya untuk mengembangkan sel hidrogen dalam kendaraan berat, efisiensi dan masalah penyimpanan hidrogen membuatnya kurang menarik dibandingkan dengan kendaraan listrik berbaterai (EV). EV terbukti lebih efisien dan mulai digunakan dalam berbagai jenis kendaraan, termasuk truk besar.
Nakrani juga menyoroti bahwa meskipun ada investasi besar dalam teknologi hidrogen, banyak perusahaan belum berhasil mengatasi tantangan fisik yang ada. Biaya penyimpanan dan transportasi hidrogen sangat tinggi, dan saat ini, kendaraan listrik berbaterai menunjukkan potensi yang lebih baik untuk memenuhi kebutuhan pasar. Dengan semakin banyaknya perusahaan yang beralih ke EV, terutama di sektor truk, tampaknya hidrogen akan tetap menjadi pilihan yang terbatas dan hanya cocok untuk segmen pasar yang sangat kecil.

Pertanyaan Terkait

Q
Apa yang terjadi dengan penjualan mobil sel bahan bakar hidrogen di tahun 2024?
A
Penjualan mobil sel bahan bakar hidrogen hanya mencapai 5.621 unit di paruh pertama tahun 2024.
Q
Mengapa hidrogen dianggap tidak cocok untuk kendaraan penumpang?
A
Hidrogen dianggap tidak cocok untuk kendaraan penumpang karena efisiensinya yang lebih rendah dibandingkan dengan kendaraan listrik baterai.
Q
Apa yang dikatakan Mike Nakrani tentang efisiensi sel bahan bakar hidrogen dibandingkan dengan baterai?
A
Mike Nakrani menyatakan bahwa efisiensi sel bahan bakar hidrogen hanya 23% dibandingkan dengan 69% untuk kendaraan listrik.
Q
Apa tantangan utama dalam penyimpanan dan transportasi hidrogen?
A
Tantangan utama dalam penyimpanan hidrogen adalah kebutuhan untuk mengompresnya pada tingkat yang sangat tinggi dan biaya teknologi penyimpanan yang tinggi.
Q
Mengapa kendaraan listrik baterai mulai mendapatkan popularitas di pasar truk berat?
A
Kendaraan listrik baterai mulai mendapatkan popularitas di pasar truk berat karena efisiensi dan kemampuan mereka untuk memenuhi kebutuhan pelanggan.

Rangkuman Berita Serupa

Flexis Janji Revolusi Van Listrik Dimulai Pada 2026Forbes
Teknologi
2 bulan lalu
82 dibaca
Flexis Janji Revolusi Van Listrik Dimulai Pada 2026
Jalan Berliku Menuju Adopsi EV, Studi Tata MenunjukkanForbes
Teknologi
3 bulan lalu
52 dibaca
Jalan Berliku Menuju Adopsi EV, Studi Tata Menunjukkan
Akan Ada Jalan Berliku Menuju Adopsi Kendaraan Listrik, Menurut StudiForbes
Teknologi
3 bulan lalu
91 dibaca
Akan Ada Jalan Berliku Menuju Adopsi Kendaraan Listrik, Menurut Studi
Kecintaan startup EV Harbinger terhadap kesederhanaan memicu pendanaan Seri B sebesar Rp 1.64 triliun ($100 juta) .TechCrunch
Bisnis
3 bulan lalu
247 dibaca
Kecintaan startup EV Harbinger terhadap kesederhanaan memicu pendanaan Seri B sebesar Rp 1.64 triliun ($100 juta) .
Iklim Saat Ini: Kerangka Kerja untuk Subsidi Hidrogen BersihForbes
Sains
3 bulan lalu
126 dibaca
Iklim Saat Ini: Kerangka Kerja untuk Subsidi Hidrogen Bersih
Dominasi China dalam Kendaraan Listrik adalah Peringatan bagi Produsen Mobil ASForbes
Bisnis
3 bulan lalu
137 dibaca
Dominasi China dalam Kendaraan Listrik adalah Peringatan bagi Produsen Mobil AS