Courtesy of InterestingEngineering
Ikhtisar 15 Detik
- HD KSOE berinovasi dalam desain kapal kontainer bertenaga nuklir untuk mendukung dekarbonisasi.
- Teknologi reaktor modular kecil (SMR) dapat meningkatkan efisiensi dan keselamatan kapal.
- Kolaborasi dengan lembaga klasifikasi dan perusahaan teknologi energi penting untuk pengembangan kapal bertenaga nuklir.
Perusahaan pembuat kapal asal Korea Selatan, HD Korea Shipbuilding & Offshore Engineering (HD KSOE), sedang mengembangkan desain kapal kontainer besar yang menggunakan tenaga nuklir. Kapal ini akan memanfaatkan teknologi Small Modular Reactor (SMR) untuk mengurangi emisi karbon di laut. Desain kapal ini diperkenalkan di Houston, Amerika Serikat, dan telah mendapatkan persetujuan awal dari American Bureau of Shipping. Dengan menggunakan tenaga nuklir, kapal ini diharapkan dapat meningkatkan efisiensi dan kapasitas muatan, serta mengurangi kebutuhan ruang untuk peralatan mesin yang besar.
Meskipun ada banyak keuntungan lingkungan dari penggunaan tenaga nuklir, ada juga tantangan teknis dan hukum yang harus diatasi, seperti modifikasi kapal yang ada dan kebutuhan untuk infrastruktur baru. HD KSOE berkomitmen untuk bekerja sama dengan badan regulasi internasional untuk mengembangkan model bisnis nuklir maritim dan memastikan keselamatan serta kepatuhan terhadap standar global. Mereka juga sedang membangun fasilitas demonstrasi nuklir untuk menguji teknologi kapal ini, dengan harapan dapat memulai penggunaan kapal bertenaga nuklir secara komersial pada tahun 2030.
Pertanyaan Terkait
Q
Apa tujuan HD KSOE dalam mengembangkan kapal kontainer bertenaga nuklir?A
Tujuan HD KSOE adalah untuk mendukung dekarbonisasi maritim dan meningkatkan efisiensi energi dalam industri kapal.Q
Apa teknologi yang digunakan dalam desain kapal kontainer ini?A
Desain kapal kontainer ini menggunakan teknologi reaktor modular kecil (SMR) untuk meningkatkan efisiensi dan keselamatan.Q
Siapa yang memberikan Persetujuan Prinsip untuk desain kapal ini?A
Persetujuan Prinsip untuk desain kapal ini diberikan oleh American Bureau of Shipping (ABS).Q
Apa keuntungan dari penggunaan propulsi berbasis karbon dioksida superkritis?A
Keuntungan dari penggunaan propulsi berbasis karbon dioksida superkritis adalah peningkatan efisiensi termal sekitar 5 persen dibandingkan dengan propulsi berbasis uap tradisional.Q
Apa tantangan yang dihadapi dalam penerapan teknologi nuklir di kapal komersial?A
Tantangan yang dihadapi termasuk kompleksitas modifikasi kapal yang ada untuk menampung reaktor nuklir dan kebutuhan akan infrastruktur serta prosedur keselamatan baru.