Pengeluaran online tumbuh 3% menjadi rekor Rp 19.73 quadriliun ($1,2 triliun)  selama periode liburan, kata Salesforce.
Courtesy of TechCrunch

Rangkuman Berita: Pengeluaran online tumbuh 3% menjadi rekor Rp 19.73 quadriliun ($1,2 triliun) selama periode liburan, kata Salesforce.

TechCrunch
Dari TechCrunch
07 Januari 2025 pukul 00.15 WIB
99 dibaca
Share
Pengeluaran online selama periode liburan meningkat 3% menjadi rekor Rp 19.73 quadriliun ($1,2 triliun) secara global, dengan penjualan di AS tumbuh 4% menjadi Rp 4.64 quadriliun ($282 miliar) . Laporan dari Salesforce menunjukkan bahwa data ini diambil dari 1,5 miliar pembeli di berbagai negara antara 1 November hingga 31 Desember 2024. Meskipun angka ini sedikit di bawah perkiraan Salesforce yang memprediksi pertumbuhan penjualan online sebesar 2%, beberapa hari besar seperti Black Friday dan Cyber Monday mencatatkan peningkatan transaksi yang signifikan.
Namun, ada tantangan yang dihadapi, yaitu tingkat pengembalian barang yang lebih tinggi dari biasanya, dengan konsumen sudah mengembalikan barang senilai Rp 2.01 quadriliun ($122 miliar) , meningkat 28% dibandingkan tahun lalu. Salesforce juga mencatat bahwa penggunaan kecerdasan buatan (AI) dalam ritel berkontribusi pada pengeluaran liburan sebesar Rp 3.77 quadriliun ($229 miliar) melalui penawaran yang ditargetkan dan dukungan yang dipersonalisasi. Dengan meningkatnya penggunaan AI, para pengecer diharapkan dapat mengurangi kerugian pendapatan akibat pengembalian barang dan menarik kembali perhatian pembeli di tahun mendatang.

Pertanyaan Terkait

Q
Berapa persen kenaikan belanja online selama periode liburan?
A
Belanja online meningkat 3% menjadi $1,2 triliun secara global.
Q
Apa yang dilaporkan oleh Salesforce mengenai pengembalian barang?
A
Salesforce melaporkan bahwa konsumen telah mengembalikan barang senilai $122 miliar, meningkat 28% dari tahun lalu.
Q
Apa dampak AI terhadap belanja selama musim liburan?
A
AI berkontribusi sebesar $229 miliar dalam pengeluaran liburan melalui penawaran yang ditargetkan dan dukungan yang dipersonalisasi.
Q
Siapa Caila Schwartz dan apa perannya di Salesforce?
A
Caila Schwartz adalah direktur wawasan konsumen di Salesforce yang menganalisis tren belanja.
Q
Apa yang terjadi pada penjualan pada Black Friday dan Cyber Monday?
A
Penjualan Black Friday meningkat 5% menjadi $74,4 miliar, sementara penjualan Cyber Monday tumbuh 3% menjadi $49,7 miliar.

Rangkuman Berita Serupa

Penjualan Liburan Melebihi Perkiraan Berkat Peningkatan Belanja Online, Kata Mastercard.YahooFinance
Bisnis
3 bulan lalu
80 dibaca
Penjualan Liburan Melebihi Perkiraan Berkat Peningkatan Belanja Online, Kata Mastercard.
Pembeli liburan meningkatkan pengeluaran sebesar 3,8% meskipun harga lebih tinggi.YahooFinance
Bisnis
3 bulan lalu
102 dibaca
Pembeli liburan meningkatkan pengeluaran sebesar 3,8% meskipun harga lebih tinggi.
Penjualan ritel liburan di AS lebih kuat dibandingkan tahun lalu dengan dorongan dari online, kata Mastercard.YahooFinance
Bisnis
3 bulan lalu
70 dibaca
Penjualan ritel liburan di AS lebih kuat dibandingkan tahun lalu dengan dorongan dari online, kata Mastercard.
Musim Belanja Liburan Pertama yang Sepenuhnya Didukung AI Telah TibaForbes
Teknologi
4 bulan lalu
50 dibaca
Musim Belanja Liburan Pertama yang Sepenuhnya Didukung AI Telah Tiba
Agen AI Mendorong Penjualan Rekor Black Friday & Cyber Monday: 3 Tips Untuk RetailerForbes
Teknologi
4 bulan lalu
128 dibaca
Agen AI Mendorong Penjualan Rekor Black Friday & Cyber Monday: 3 Tips Untuk Retailer
Salesforce Melonjak Setelah Pendapatan Kuat dengan Janji Peningkatan AIYahooFinance
Teknologi
4 bulan lalu
123 dibaca
Salesforce Melonjak Setelah Pendapatan Kuat dengan Janji Peningkatan AI