Dunia pertama: Kapal kargo nuklir Inggris dilengkapi sayap angin untuk menghemat bahan bakar, mengurangi emisi sebesar 30%
Courtesy of InterestingEngineering

Rangkuman Berita: Dunia pertama: Kapal kargo nuklir Inggris dilengkapi sayap angin untuk menghemat bahan bakar, mengurangi emisi sebesar 30%

InterestingEngineering
Dari InterestingEngineering
23 Oktober 2024 pukul 19.26 WIB
95 dibaca
Share
Sebuah perusahaan transportasi nuklir di Inggris, Nuclear Transport Solutions (NTS), telah menguji teknologi layar baru yang disebut FastRig untuk mengurangi jejak karbon kapal-kapalnya. Kapal yang diuji, Pacific Grebe, dirancang khusus untuk mengangkut kargo nuklir secara aman. Teknologi FastRig ini memungkinkan kapal untuk memanfaatkan tenaga angin, yang dapat mengurangi konsumsi bahan bakar dan emisi gas rumah kaca hingga 30%. Teknologi ini juga ramah lingkungan karena terbuat dari bahan yang dapat didaur ulang dan tidak memerlukan perubahan infrastruktur pelabuhan.
Kerja sama antara NTS dan Smart Green Shipping (SGS) ini merupakan yang pertama kali diterapkan pada kapal khusus, dan diharapkan dapat merevolusi navigasi kapal serta mengurangi emisi secara signifikan dalam industri pelayaran. Meskipun masih dalam tahap percobaan, uji coba ini akan memberikan data yang akurat untuk mendukung penggunaan teknologi ini secara lebih luas. Selain itu, SGS juga mengembangkan sistem perangkat lunak yang membantu mengoptimalkan rute pelayaran berdasarkan kondisi angin, sehingga dapat meningkatkan efisiensi dan keberlanjutan dalam pengiriman barang.

Rangkuman Berita Serupa

Kapal lepas pantai sepenuhnya listrik pertama di dunia dengan baterai 25MWh akan diluncurkan pada tahun 2027.InterestingEngineering
Teknologi
2 bulan lalu
76 dibaca
Kapal lepas pantai sepenuhnya listrik pertama di dunia dengan baterai 25MWh akan diluncurkan pada tahun 2027.
Kapalsel cargo terpanjang di dunia: Kapal layar kargo sepanjang 450 kaki dengan kapasitas muatan 5.842 ton diluncurkan.InterestingEngineering
Sains
2 bulan lalu
85 dibaca
Kapalsel cargo terpanjang di dunia: Kapal layar kargo sepanjang 450 kaki dengan kapasitas muatan 5.842 ton diluncurkan.
Kapal pertama di dunia dengan sistem penyedot karbon skala penuh mengurangi emisi sebesar 70%.InterestingEngineering
Sains
2 bulan lalu
42 dibaca
Kapal pertama di dunia dengan sistem penyedot karbon skala penuh mengurangi emisi sebesar 70%.
Norwegia menjajaki propulsi reaktor nuklir untuk menggerakkan armada pengiriman komersial.InterestingEngineering
Sains
3 bulan lalu
166 dibaca
Norwegia menjajaki propulsi reaktor nuklir untuk menggerakkan armada pengiriman komersial.
Pengiriman Kembali ke Masa Depan - Dengan Layang-layangForbes
Sains
3 bulan lalu
130 dibaca
Pengiriman Kembali ke Masa Depan - Dengan Layang-layang
Roda rotor setinggi 114 kaki menjadikan Sohar Max kapal terbesar di dunia yang menggunakan propulsi angin.InterestingEngineering
Sains
4 bulan lalu
124 dibaca
Roda rotor setinggi 114 kaki menjadikan Sohar Max kapal terbesar di dunia yang menggunakan propulsi angin.
Kapalan perang menjadi kapal kargo: Bagaimana tenaga nuklir membentuk masa depan pengirimanInterestingEngineering
Sains
5 bulan lalu
42 dibaca
Kapalan perang menjadi kapal kargo: Bagaimana tenaga nuklir membentuk masa depan pengiriman