Courtesy of TechCrunch
Perplexity, sebuah mesin pencari yang didukung oleh AI, akan mulai menguji iklan di platformnya mulai minggu ini. Iklan ini akan muncul di AS dalam bentuk "pertanyaan lanjutan bersponsor," yang akan ditampilkan di samping jawaban dan diberi label "sponsored." Beberapa merek yang berpartisipasi dalam program iklan ini termasuk Indeed dan Whole Foods. Perplexity menjelaskan bahwa program iklan ini membantu mereka menghasilkan pendapatan yang dapat dibagikan dengan mitra penerbit, karena langganan saja tidak cukup untuk menciptakan program berbagi pendapatan yang berkelanjutan.
Meskipun Perplexity mulai memasukkan iklan, mereka menegaskan bahwa jawaban untuk pertanyaan bersponsor tetap dihasilkan oleh AI mereka dan tidak akan dipengaruhi oleh merek yang membayar iklan. Perplexity juga berusaha menjaga keakuratan dan objektivitas jawaban yang diberikan. Namun, ada beberapa kekhawatiran dari analis mengenai efektivitas iklan di platform ini, terutama setelah pengalaman Microsoft yang tidak berhasil dengan iklan di chatbot Bing. Selain itu, Perplexity juga menghadapi masalah hukum terkait dugaan plagiarisme dari beberapa situs berita.