Courtesy of NatureMagazine
Ikhtisar 15 Detik
- Kredit bersama tidak mengurangi reputasi penulis kedua.
- Penempatan nama penulis dalam publikasi dapat mempengaruhi penilaian kompetensi akademik.
- Penelitian ini memberikan wawasan baru tentang kolaborasi ilmiah dan penulis pertama.
Sebuah penelitian yang diterbitkan di jurnal Scientometrics menunjukkan bahwa berbagi posisi sebagai penulis pertama dalam sebuah makalah tidak mengurangi reputasi akademis penulis yang terdaftar di posisi kedua. Penelitian ini dilakukan oleh Miriam Schilbach dan Julian Decius, yang menciptakan CV fiktif untuk seorang fisikawan bernama Kim Mueller. Mereka meminta sekitar 170 peneliti untuk menilai CV tersebut dengan berbagai versi, di mana Mueller bisa terdaftar sebagai penulis pertama, kedua, atau penulis pertama bersama.
Baca juga: Frasa tiga bagian yang menarik, jelas, dan ringkas meningkatkan sitasi makalah penelitian.
Hasilnya menunjukkan bahwa meskipun penulis yang terdaftar sebagai penulis pertama tunggal mendapatkan penilaian lebih tinggi, penulis yang berbagi posisi pertama tidak dianggap kurang kompeten. Ini berarti bahwa berbagi kredit dalam penulisan akademis bisa menjadi pilihan yang baik tanpa mengkhawatirkan reputasi, terutama di bidang penelitian yang semakin kompleks.
Pertanyaan Terkait
Q
Apa yang ditemukan dalam penelitian tentang penulis pertama dan kedua?A
Penelitian menemukan bahwa tidak ada penalti reputasi bagi penulis kedua dalam kredit bersama.Q
Siapa penulis utama dari studi ini?A
Penulis utama dari studi ini adalah Julian Decius dan Miriam Schilbach.Q
Apa metode yang digunakan untuk mengevaluasi kompetensi akademik?A
Metode yang digunakan adalah dengan membuat CV fiktif dan meminta panelis untuk menilai kompetensi akademik berdasarkan posisi penulis.Q
Mengapa penempatan nama penulis penting dalam publikasi ilmiah?A
Penempatan nama penulis penting karena dapat mempengaruhi persepsi kompetensi dan kesuksesan akademik.Q
Apa dampak dari kredit bersama dalam penulisan akademik?A
Dampak dari kredit bersama menunjukkan bahwa berbagi kredit tidak mengurangi persepsi kompetensi akademik.