InJourney Targetkan Jadi Operator Bandara Terbesar Ketiga di Dunia
Courtesy of CNBCIndonesia

Rangkuman Berita: InJourney Targetkan Jadi Operator Bandara Terbesar Ketiga di Dunia

CNBCIndonesia
DariĀ CNBCIndonesia
17 Maret 2025 pukul 21.50 WIB
87 dibaca
Share
Ikhtisar 15 Detik
  • InJourney berambisi menjadi operator bandara terbesar ketiga di dunia.
  • Merger antara PT Angkasa Pura I dan II bertujuan untuk meningkatkan kualitas layanan bandara.
  • Transformasi di Bandara Soekarno-Hatta akan meningkatkan efisiensi dan kapasitas layanan.
InJourney, yang merupakan Holding BUMN Pariwisata, berencana untuk menjadi operator bandara terbesar ketiga di dunia setelah melakukan merger antara PT Angkasa Pura I dan PT Angkasa Pura II. Saat ini, InJourney sudah mengelola 37 bandara di Indonesia dan menangani 162 juta penumpang setiap tahun. Direktur Utama InJourney, Maya Watono, mengatakan bahwa merger ini bertujuan untuk menyatukan standar operasional dan layanan di semua bandara yang dikelola, sehingga kualitas layanan menjadi lebih baik dan efisien.
Selain itu, InJourney juga fokus pada pengembangan konektivitas internasional untuk menarik lebih banyak wisatawan asing. Mereka bekerja sama dengan Kementerian Perhubungan dan maskapai penerbangan untuk memperbaiki infrastruktur dan memperluas rute penerbangan. Di Bandara Soekarno-Hatta, InJourney mengubah konsep terminal agar lebih terorganisir, dengan Terminal 3 untuk penerbangan penuh layanan, Terminal 2 untuk penerbangan berbiaya rendah, dan Terminal 1 untuk penerbangan domestik berbiaya rendah. Mereka tidak akan membangun Terminal 4, tetapi akan menggunakan dana untuk memperbaiki terminal yang sudah ada agar lebih efisien.

Pertanyaan Terkait

Q
Apa tujuan utama merger yang dilakukan oleh InJourney?
A
Tujuan utama merger adalah untuk menyatukan standar operasional, layanan, dan kebijakan di seluruh bandara yang dikelola.
Q
Berapa banyak bandara yang dikelola oleh InJourney?
A
InJourney mengelola 37 bandara di Indonesia.
Q
Apa yang akan dilakukan InJourney untuk meningkatkan konektivitas internasional?
A
InJourney akan bekerja sama dengan Kementerian Perhubungan dan maskapai penerbangan untuk memperbaiki infrastruktur dan memperluas rute penerbangan.
Q
Bagaimana perubahan zonasi terminal di Bandara Soekarno-Hatta?
A
Terminal 3 akan menjadi pusat layanan penuh untuk penerbangan domestik dan internasional, Terminal 2 untuk penerbangan berbiaya rendah, dan Terminal 1 untuk penerbangan domestik berbiaya rendah.
Q
Apa yang akan dilakukan dengan anggaran yang sebelumnya dialokasikan untuk Terminal 4?
A
Dana sebesar Rp1-2 triliun akan dialokasikan untuk optimalisasi dan renovasi Terminal 1, 2, dan 3.

Rangkuman Berita Serupa

Pendapatan Garuda Indonesia (GIAA) Naik 16% Jadi Rp56 T Selama 2024CNBCIndonesia
Bisnis
29 hari lalu
83 dibaca
Pendapatan Garuda Indonesia (GIAA) Naik 16% Jadi Rp56 T Selama 2024
Indonesia Jadi Tujuan Ekspansi Marriott, Ini Alasannya!CNBCIndonesia
Bisnis
29 hari lalu
18 dibaca
Indonesia Jadi Tujuan Ekspansi Marriott, Ini Alasannya!
Inbreng Saham Mulus, Semua BUMN Bakal Dikelola Danantara Akhir MaretCNBCIndonesia
Finansial
29 hari lalu
71 dibaca
Inbreng Saham Mulus, Semua BUMN Bakal Dikelola Danantara Akhir Maret
Sempat Anjlok 4,6%, IHSG Kembali Naik, Emiten Konglomerat Jadi BebanCNBCIndonesia
Finansial
1 bulan lalu
122 dibaca
Sempat Anjlok 4,6%, IHSG Kembali Naik, Emiten Konglomerat Jadi Beban
Dari Singapura Bisa Terbang Langsung ke Labuan Bajo Naik Maskapai IniCNBCIndonesia
Bisnis
1 bulan lalu
40 dibaca
Dari Singapura Bisa Terbang Langsung ke Labuan Bajo Naik Maskapai Ini
Indika Energy (INDY) Bikin Anak Usaha Baru di Bidang Angkutan LautCNBCIndonesia
Bisnis
1 bulan lalu
134 dibaca
Indika Energy (INDY) Bikin Anak Usaha Baru di Bidang Angkutan Laut
Investasi di KEK Industropolis Batang Tembus Rp 17,59 TriliunCNBCIndonesia
Bisnis
1 bulan lalu
29 dibaca
Investasi di KEK Industropolis Batang Tembus Rp 17,59 Triliun