Kelompok pemilik kapal China mengatakan proposal biaya pelabuhan AS melanggar aturan WTO, hukum AS
Courtesy of YahooFinance

Rangkuman Berita: Kelompok pemilik kapal China mengatakan proposal biaya pelabuhan AS melanggar aturan WTO, hukum AS

YahooFinance
Dari YahooFinance
14 Maret 2025 pukul 00.33 WIB
45 dibaca
Share
Ikhtisar 15 Detik
  • Proposal biaya masuk pelabuhan oleh AS ditentang oleh Asosiasi Pemilik Kapal China.
  • Dampak dari proposal ini dapat menyebabkan peningkatan biaya bagi konsumen dan kekacauan dalam rantai pasokan.
  • Kementerian Luar Negeri China berencana untuk melindungi hak dan kepentingan mereka terkait proposal tersebut.
Asosiasi Pemilik Kapal China menolak proposal dari pemerintah AS yang akan mengenakan biaya masuk pelabuhan yang tinggi bagi kapal kargo yang dimiliki atau dipesan dari China. Mereka berpendapat bahwa langkah ini melanggar aturan internasional dan hukum AS. Proposal ini bertujuan untuk membantu kebangkitan industri perkapalan di AS, tetapi dianggap diskriminatif oleh asosiasi tersebut. Mereka juga menyebutkan bahwa tindakan ini melanggar perjanjian maritim antara AS dan China serta hukum yang berlaku di AS.
Para eksekutif pengiriman global memperingatkan bahwa proposal ini dapat menyebabkan kekacauan dalam rantai pasokan dan berdampak negatif pada konsumen AS dengan menambah biaya hingga Rp 493.35 triliun ($30 miliar) setiap tahun. Kementerian Luar Negeri China juga menyatakan bahwa langkah ini tidak akan membantu industri perkapalan AS dan bahwa mereka akan mengambil langkah untuk melindungi hak dan kepentingan mereka.

Pertanyaan Terkait

Q
Apa yang ditentang oleh Asosiasi Pemilik Kapal China?
A
Asosiasi Pemilik Kapal China menentang proposal biaya masuk pelabuhan yang diusulkan oleh AS.
Q
Mengapa pemerintah AS mengusulkan biaya masuk pelabuhan?
A
Pemerintah AS mengusulkan biaya masuk pelabuhan untuk membantu membiayai kebangkitan industri perkapalan Amerika.
Q
Apa dampak yang diperkirakan dari proposal biaya tersebut?
A
Dampak yang diperkirakan termasuk kekacauan dalam rantai pasokan dan peningkatan biaya bagi konsumen AS.
Q
Apa yang dikatakan Kementerian Luar Negeri China tentang proposal ini?
A
Kementerian Luar Negeri China menyatakan bahwa langkah ini tidak akan menghidupkan kembali industri perkapalan AS.
Q
Apa saja pelanggaran yang diklaim oleh CSA terkait proposal biaya?
A
CSA mengklaim bahwa proposal tersebut melanggar peraturan WTO dan perjanjian maritim Sino-AS.

Rangkuman Berita Serupa

Rencana pembangunan kapal Trump dapat mengubah industri kargo laut, peringatan perusahaan.YahooFinance
Bisnis
1 bulan lalu
83 dibaca
Rencana pembangunan kapal Trump dapat mengubah industri kargo laut, peringatan perusahaan.
CMA CGM akan menginvestasikan Rp 328.90 triliun ($20 miliar)  dalam kemampuan pengiriman dan rantai pasokan di AS.YahooFinance
Finansial
1 bulan lalu
104 dibaca
CMA CGM akan menginvestasikan Rp 328.90 triliun ($20 miliar) dalam kemampuan pengiriman dan rantai pasokan di AS.
Biaya pelabuhan AS pada kapal dari China akan mempengaruhi semua perusahaan pengiriman, kata CMA CGM.YahooFinance
Bisnis
1 bulan lalu
16 dibaca
Biaya pelabuhan AS pada kapal dari China akan mempengaruhi semua perusahaan pengiriman, kata CMA CGM.
Analisis - Tarif baja Trump mengancam perdagangan transshipment baja China.YahooFinance
Bisnis
1 bulan lalu
110 dibaca
Analisis - Tarif baja Trump mengancam perdagangan transshipment baja China.
USTR mengusulkan untuk mengenakan biaya hingga Rp 24.67 miliar ($1,5 juta)  kepada kapal-kapal China untuk memasuki pelabuhan-pelabuhan AS.YahooFinance
Finansial
1 bulan lalu
63 dibaca
USTR mengusulkan untuk mengenakan biaya hingga Rp 24.67 miliar ($1,5 juta) kepada kapal-kapal China untuk memasuki pelabuhan-pelabuhan AS.
AS menargetkan kapal-kapal China dan operatornya dengan biaya pelabuhan baru yang mencapai jutaan dolar.YahooFinance
Bisnis
2 bulan lalu
30 dibaca
AS menargetkan kapal-kapal China dan operatornya dengan biaya pelabuhan baru yang mencapai jutaan dolar.