Courtesy of YahooFinance
Ikhtisar 15 Detik
- USTR mengusulkan biaya tinggi untuk kapal yang dibangun di Cina sebagai langkah untuk melindungi industri perkapalan AS.
- Cina telah meningkatkan dominasi globalnya dalam industri perkapalan melalui subsidi dan perlakuan istimewa.
- Penyelidikan ini bertujuan untuk membangun kembali industri perkapalan AS yang telah mengalami penurunan signifikan.
Kantor Perwakilan Perdagangan AS (USTR) telah mengusulkan untuk mengenakan biaya hingga Rp 24.67 miliar ($1,5 juta) bagi kapal yang dibangun di China yang masuk ke pelabuhan AS. Usulan ini muncul dari penyelidikan mengenai dominasi China dalam sektor pembangunan kapal dan logistik global. USTR mencatat bahwa pangsa pasar pembangunan kapal global China meningkat dari 5% pada tahun 1999 menjadi lebih dari 50% pada tahun 2023, sebagian besar karena subsidi besar dari pemerintah dan perlakuan istimewa untuk perusahaan milik negara.
Sebagai bagian dari usulan ini, kapal yang dimiliki oleh operator transportasi maritim China akan dikenakan biaya masuk pelabuhan hingga Rp 16.45 miliar ($1 juta) per kapal. Selain itu, ada persyaratan bahwa setidaknya 1% dari ekspor AS harus diangkut menggunakan kapal berbendera AS selama dua tahun pertama, dan persentase ini akan meningkat seiring waktu. USTR juga merekomendasikan pembatasan akses data pengiriman AS untuk platform informasi logistik China.
Pertanyaan Terkait
Q
Apa yang diusulkan oleh USTR terkait kapal yang dibangun di Cina?A
USTR mengusulkan biaya hingga $1,5 juta untuk kapal yang dibangun di Cina yang memasuki pelabuhan AS.Q
Mengapa USTR melakukan penyelidikan terhadap industri perkapalan Cina?A
USTR melakukan penyelidikan karena Cina telah meningkatkan pangsa pasar globalnya dalam industri perkapalan melalui subsidi besar-besaran dan perlakuan istimewa untuk perusahaan milik negara.Q
Apa saja biaya yang diusulkan untuk kapal yang dibangun di Cina?A
Biaya yang diusulkan termasuk hingga $1 juta per kapal untuk operator transportasi maritim Cina dan hingga $1,5 juta untuk operator non-Cina yang mengoperasikan kapal yang dibangun di Cina.Q
Apa persentase minimum ekspor AS yang harus diangkut dengan kapal berbendera AS?A
Persentase minimum ekspor AS yang harus diangkut dengan kapal berbendera AS adalah 1% selama dua tahun pertama, meningkat menjadi 3% setelah dua tahun, dan 5% setelah tiga tahun.Q
Siapa yang meminta penyelidikan ini dilakukan?A
Penyelidikan ini diminta oleh United Steelworkers dan empat serikat pekerja lainnya.