Rencana pembangunan kapal Trump dapat mengubah industri kargo laut, peringatan perusahaan.
Courtesy of YahooFinance

Rangkuman Berita: Rencana pembangunan kapal Trump dapat mengubah industri kargo laut, peringatan perusahaan.

YahooFinance
Dari YahooFinance
08 Maret 2025 pukul 03.51 WIB
83 dibaca
Share
Ikhtisar 15 Detik
  • Rencana Trump untuk industri pengiriman dapat menyebabkan biaya tinggi bagi konsumen.
  • Perusahaan pengiriman mungkin menghindari pelabuhan kecil untuk mengurangi dampak biaya baru.
  • Kebijakan pro-AS dapat memiliki konsekuensi yang tidak terduga bagi rantai pasokan global.
Rencana Presiden Donald Trump untuk menghidupkan kembali industri pelayaran AS dapat menyebabkan biaya besar bagi operator transportasi laut dan menciptakan kekacauan baru dalam rantai pasokan global. Menurut rencana tersebut, akan ada biaya pelabuhan yang tinggi untuk kapal yang dibangun di China dan kapal dari armada yang menggunakan kapal buatan China. Hal ini bisa menambah biaya hingga Rp 493.35 triliun ($30 miliar) per tahun bagi konsumen Amerika dan menggandakan biaya pengiriman ekspor AS. Para eksekutif industri memperingatkan bahwa rencana ini dapat mengakibatkan kapal-kapal menghindari pelabuhan AS, yang akan memperlambat pengiriman barang dan menyebabkan kemacetan di pelabuhan besar.
Beberapa perusahaan pelayaran, seperti MSC dan CMA CGM, sedang mempertimbangkan untuk mengubah strategi mereka agar tidak terkena biaya tambahan ini. Mereka mungkin akan menghindari pelabuhan kecil dan fokus pada pelabuhan besar, yang bisa menyebabkan masalah bagi pelabuhan yang lebih kecil. Para eksekutif meminta agar kebijakan baru tidak menghukum mereka atas kesalahan masa lalu dan berharap ada solusi yang lebih baik untuk mendukung industri Amerika tanpa menambah beban biaya yang besar.

Pertanyaan Terkait

Q
Apa rencana Trump untuk industri pengiriman AS?
A
Rencana Trump bertujuan untuk merevitalisasi industri pengiriman AS dengan mengenakan biaya pada kapal yang dibangun di China.
Q
Bagaimana biaya pelabuhan yang diusulkan dapat mempengaruhi konsumen?
A
Biaya pelabuhan yang diusulkan dapat menambah hingga $30 miliar biaya tahunan bagi konsumen dan menggandakan biaya pengiriman ekspor AS.
Q
Apa dampak dari rencana ini terhadap pelabuhan kecil di AS?
A
Rencana ini dapat menyebabkan perusahaan pengiriman menghindari pelabuhan kecil, yang dapat mengakibatkan penumpukan di pelabuhan besar.
Q
Siapa yang memperingatkan tentang konsekuensi dari rencana Trump?
A
World Shipping Council (WSC) memperingatkan bahwa rencana ini dapat menyebabkan gangguan pada rantai pasokan global.
Q
Apa langkah yang diambil oleh CMA CGM terkait armada kapal mereka?
A
CMA CGM sedang memperluas armada kapal berbendera AS dan menjajaki kemungkinan pembuatan kapal di AS.

Rangkuman Berita Serupa

Kelompok pemilik kapal China mengatakan proposal biaya pelabuhan AS melanggar aturan WTO, hukum ASYahooFinance
Bisnis
1 bulan lalu
46 dibaca
Kelompok pemilik kapal China mengatakan proposal biaya pelabuhan AS melanggar aturan WTO, hukum AS
Impor kontainer AS hampir mencapai level rekor pada bulan Februari, risiko tarif mengintai.YahooFinance
Bisnis
1 bulan lalu
82 dibaca
Impor kontainer AS hampir mencapai level rekor pada bulan Februari, risiko tarif mengintai.
CMA CGM akan menginvestasikan Rp 328.90 triliun ($20 miliar)  dalam kemampuan pengiriman dan rantai pasokan di AS.YahooFinance
Finansial
1 bulan lalu
104 dibaca
CMA CGM akan menginvestasikan Rp 328.90 triliun ($20 miliar) dalam kemampuan pengiriman dan rantai pasokan di AS.
Saat jendela tarif ditutup, tarif kontainer di Samudra Pasifik jatuh.YahooFinance
Bisnis
1 bulan lalu
61 dibaca
Saat jendela tarif ditutup, tarif kontainer di Samudra Pasifik jatuh.
Biaya pelabuhan AS pada kapal dari China akan mempengaruhi semua perusahaan pengiriman, kata CMA CGM.YahooFinance
Bisnis
1 bulan lalu
16 dibaca
Biaya pelabuhan AS pada kapal dari China akan mempengaruhi semua perusahaan pengiriman, kata CMA CGM.
USTR mengusulkan untuk mengenakan biaya hingga Rp 24.67 miliar ($1,5 juta)  kepada kapal-kapal China untuk memasuki pelabuhan-pelabuhan AS.YahooFinance
Finansial
1 bulan lalu
63 dibaca
USTR mengusulkan untuk mengenakan biaya hingga Rp 24.67 miliar ($1,5 juta) kepada kapal-kapal China untuk memasuki pelabuhan-pelabuhan AS.