Pengirim Minta Pengawas untuk Menghindari Biofuel dalam Dorongan Hijau
Courtesy of YahooFinance

Rangkuman Berita: Pengirim Minta Pengawas untuk Menghindari Biofuel dalam Dorongan Hijau

YahooFinance
Dari YahooFinance
17 Februari 2025 pukul 19.11 WIB
63 dibaca
Share
Ikhtisar 15 Detik
  • Perusahaan pelayaran mendesak IMO untuk menghindari dukungan terhadap biofuel berbasis tanaman.
  • Biofuel berbasis tanaman dapat memiliki dampak lingkungan yang lebih buruk dibandingkan bahan bakar fosil.
  • Indonesia dan Malaysia sebagai produsen utama minyak sawit menghadapi kritik terkait dampak lingkungan dari industri ini.
Beberapa perusahaan pelayaran, seperti Hapag-Lloyd AG dan Louis Dreyfus Armateurs, meminta Organisasi Maritim Internasional (IMO) untuk tidak mendukung penggunaan biofuel berbasis tanaman. Mereka khawatir bahwa tanpa aturan yang ketat, biofuel yang tidak berkelanjutan bisa menggantikan bahan bakar fosil, yang justru dapat merusak lingkungan. Menurut organisasi lingkungan, biofuel dari kelapa sawit dan kedelai lebih buruk bagi iklim dibandingkan bahan bakar tradisional, terutama karena dampak deforestasi dan penggunaan lahan.
IMO sedang berusaha mencapai target emisi nol karbon untuk industri pelayaran pada tahun 2050. Saat ini, sebagian besar kapal masih menggunakan bahan bakar tradisional. Dalam pertemuan mendatang di London, perusahaan-perusahaan pelayaran ini menyerukan agar IMO dan negara-negara anggotanya tidak memberikan insentif ekonomi untuk biofuel berbasis tanaman, dan mendukung solusi yang lebih ramah lingkungan untuk mengurangi jejak karbon industri pelayaran.

Pertanyaan Terkait

Q
Apa yang diminta oleh Hapag-Lloyd AG dan Louis Dreyfus Armateurs kepada IMO?
A
Mereka meminta IMO untuk tidak mendukung biofuel berbasis tanaman tanpa adanya perlindungan yang mengikat secara hukum.
Q
Mengapa biofuel berbasis tanaman dianggap tidak berkelanjutan?
A
Biofuel berbasis tanaman dianggap tidak berkelanjutan karena dapat menyebabkan deforestasi dan memiliki dampak yang lebih buruk bagi iklim dibandingkan bahan bakar tradisional.
Q
Apa tujuan IMO untuk industri pelayaran pada tahun 2050?
A
Tujuan IMO adalah mencapai emisi nol karbon untuk industri pelayaran pada tahun 2050.
Q
Apa dampak negatif dari produksi minyak sawit di Indonesia dan Malaysia?
A
Produksi minyak sawit dapat menghancurkan habitat yang rentan, mengurangi biodiversitas, dan membahayakan spesies langka.
Q
Mengapa organisasi konservasi menolak proposal Brazil tentang biofuel?
A
Organisasi konservasi menolak proposal Brazil karena mereka percaya bahwa biofuel tidak seharusnya didorong sebagai solusi untuk industri pelayaran.

Rangkuman Berita Serupa

Raksasa Pengiriman Mendesak Pengawas untuk Menghindari Biofuel dalam Upaya PembersihanYahooFinance
Sains
2 bulan lalu
113 dibaca
Raksasa Pengiriman Mendesak Pengawas untuk Menghindari Biofuel dalam Upaya Pembersihan
Lima Grafik Kunci untuk Dipantau di Pasar Komoditas Global Minggu IniYahooFinance
Bisnis
2 bulan lalu
104 dibaca
Lima Grafik Kunci untuk Dipantau di Pasar Komoditas Global Minggu Ini
Armada Tanker Minyak Rusia Terhambat Parah oleh Sanksi AS Bulan LaluYahooFinance
Bisnis
2 bulan lalu
121 dibaca
Armada Tanker Minyak Rusia Terhambat Parah oleh Sanksi AS Bulan Lalu
Rencana Milei untuk Meningkatkan Ekspor Pertanian: Menghentikan Kapal dari Terjebak di PantaiYahooFinance
Bisnis
2 bulan lalu
72 dibaca
Rencana Milei untuk Meningkatkan Ekspor Pertanian: Menghentikan Kapal dari Terjebak di Pantai
Rusia Menghadapi Krisis Tanker Minyak yang Mendekat Seiring Sanksi yang Menumpuk: Strategi MinyakYahooFinance
Bisnis
2 bulan lalu
32 dibaca
Rusia Menghadapi Krisis Tanker Minyak yang Mendekat Seiring Sanksi yang Menumpuk: Strategi Minyak
Panduan Definitif tentang Di Mana AS Telah Menekan Aliran Minyak Rusia dengan Paling KerasYahooFinance
Finansial
3 bulan lalu
50 dibaca
Panduan Definitif tentang Di Mana AS Telah Menekan Aliran Minyak Rusia dengan Paling Keras