Courtesy of TechCrunch
Pada tahun 2022, João Moura bekerja di Clearbit, sebuah startup yang mengembangkan alat intelijen bisnis. Setelah Clearbit diakuisisi oleh HubSpot, Moura memutuskan untuk mendirikan perusahaannya sendiri yang bernama CrewAI. CrewAI bertujuan untuk mengotomatiskan tugas-tugas administratif yang berulang, seperti merangkum laporan dan onboarding karyawan. Dengan menggunakan platform CrewAI, pelanggan dapat membangun dan melacak alur kerja otomatis mereka sendiri dengan memanfaatkan model AI dari penyedia seperti OpenAI.
Baca juga: Perjalanan Artisan: Dari Kekacauan Awal Hingga Pendanaan Seri A Rp 411.13 miliar ($25 Juta)
CrewAI berbeda dari otomatisasi proses robotik (RPA) yang lebih kaku, karena memungkinkan pengguna untuk mencoba berbagai model AI untuk mendapatkan hasil terbaik. Dalam tahun pertamanya, CrewAI berhasil menarik 150 pelanggan dan memiliki nilai sekitar Rp 1.64 triliun ($100 juta) . Perusahaan ini berencana untuk memperluas tim dan produk otomatisasi mereka, serta menawarkan paket langganan baru yang memberikan kontrol akses dan analitik tambahan kepada pelanggan. Moura optimis bahwa CrewAI dapat mencapai keuntungan pada musim panas mendatang.