
YouTube baru saja meluncurkan fitur baru yang disebut Recap, yang dirancang untuk memberikan pengguna pengalaman unik dalam melihat kebiasaan menonton mereka selama setahun terakhir. Fitur ini akan menampilkan hingga 12 kartu yang berisi informasi menarik seperti channel favorit, minat utama, dan bagaimana selera video pengguna berubah selama waktu itu.
Fitur Recap ini mirip dengan Spotify Wrapped, yang sudah lama populer di kalangan pengguna layanan musik. YouTube menambahkan sedikit sentuhan dengan memberikan tipe kepribadian berdasarkan cara pengguna menonton video, seperti Adventure, Skill Builder, atau Creative Spirit. Ini memberikan nuansa yang lebih personal dan menyenangkan bagi para pengguna.
Recap akan tersedia mulai hari ini untuk pengguna di Amerika Serikat dan akan diluncurkan secara global dalam beberapa hari ke depan. Pengguna bisa mengakses fitur ini lewat tombol khusus di halaman utama YouTube maupun melalui tab 'You' di menu pengguna. Fitur ini bisa diakses di perangkat mobile maupun desktop tanpa kesulitan.
Meskipun Recap menawarkan berbagai informasi tentang kebiasaan menonton video di YouTube, fitur ini tidak menggantikan Recap khusus YouTube Music yang menampilkan statistik lagu, artis, dan genre musik yang paling sering didengarkan selama setahun. Jadi buat yang menggunakan YouTube Music, masih akan mendapatkan Recap yang terpisah di aplikasi tersebut.
Selain peluncuran Recap, YouTube juga membagikan tren populer di AS tahun ini. Misalnya saja, MrBeast masih menjadi kreator paling populer, dan The Joe Rogan Experience tetap menjadi podcast nomor satu. Hal menarik lain adalah soundtrack KPop Demon Hunters yang sangat populer di chart lagu umum, tapi kurang diminati di Shorts, jenis video singkat di YouTube.