11 Klausul Kontrak Kunci yang Harus Dimanfaatkan Kreator untuk Pendapatan yang Lebih Tinggi
Courtesy of Forbes

Rangkuman Berita: 11 Klausul Kontrak Kunci yang Harus Dimanfaatkan Kreator untuk Pendapatan yang Lebih Tinggi

Forbes
Dari Forbes
01 Desember 2024 pukul 00.04 WIB
77 dibaca
Share
Para pembuat konten baru sering kali tidak menyadari bahwa mereka dapat meminta biaya tambahan untuk berbagai layanan dan hak dalam perjanjian kemitraan dengan merek. Selain dari deliverables dasar yang tercantum dalam kontrak, ada elemen penting seperti hak penggunaan, eksklusivitas, dan biaya untuk pengambilan ulang yang juga harus diperhitungkan. Misalnya, hak penggunaan memungkinkan merek untuk menggunakan konten pembuat untuk tujuan pemasaran lainnya, dan ini seharusnya dikenakan biaya tambahan. Selain itu, perjanjian eksklusivitas membatasi pembuat untuk bekerja dengan pesaing dalam jangka waktu tertentu, yang juga harus dibayar oleh merek. Pembuat konten juga harus memperhatikan biaya untuk pengambilan ulang dan edit, serta kemungkinan adanya biaya keterlambatan pembayaran. Jika proyek dibatalkan setelah pembuat menginvestasikan waktu dan sumber daya, mereka berhak mendapatkan "kill fee" sebagai kompensasi. Selain itu, jika merek meminta konten untuk dibagikan di beberapa platform, pembuat harus mengenakan biaya tambahan untuk usaha ekstra tersebut. Dengan memahami nilai waktu dan keterampilan mereka, pembuat konten dapat bernegosiasi dengan percaya diri dan memastikan mereka mendapatkan imbalan yang adil untuk pekerjaan mereka.

Pertanyaan Terkait

Q
Apa yang harus dipertimbangkan oleh pembuat konten saat menjalin kemitraan dengan merek?
A
Pembuat konten harus mempertimbangkan biaya tambahan seperti hak penggunaan, eksklusivitas, dan pengambilan ulang saat menjalin kemitraan dengan merek.
Q
Mengapa hak penggunaan konten penting dalam kontrak kemitraan?
A
Hak penggunaan konten penting karena memungkinkan merek untuk memanfaatkan konten pembuat untuk tujuan pemasaran lainnya, sehingga harus dikenakan biaya tambahan.
Q
Apa yang dimaksud dengan biaya eksklusivitas dalam kemitraan merek?
A
Biaya eksklusivitas adalah biaya yang dikenakan kepada merek jika pembuat konten tidak dapat bekerja dengan pesaing selama periode tertentu.
Q
Bagaimana cara pembuat konten menetapkan biaya untuk pengambilan ulang?
A
Pembuat konten dapat menetapkan biaya untuk pengambilan ulang dengan menetapkan batasan jumlah pengambilan ulang gratis dan mengenakan biaya tambahan untuk pengambilan ulang selanjutnya.
Q
Apa yang harus dilakukan jika proyek dibatalkan setelah investasi waktu dan sumber daya?
A
Jika proyek dibatalkan, pembuat konten harus meminta biaya pembatalan yang biasanya berkisar antara 25-50% dari biaya awal.

Rangkuman Berita Serupa

Menyiapkan Panggung: Cara Memberdayakan Kreator dan Mendefinisikan Ulang E-CommerceForbes
Bisnis
3 bulan lalu
82 dibaca
Menyiapkan Panggung: Cara Memberdayakan Kreator dan Mendefinisikan Ulang E-Commerce
Bagaimana Perusahaan Teknologi Besar Menjual Mimpi Amerika InfluencerForbes
Bisnis
4 bulan lalu
112 dibaca
Bagaimana Perusahaan Teknologi Besar Menjual Mimpi Amerika Influencer
Pekerjaan Impian Gen Z: Perguruan Tinggi Menyambut Kursus Karir InfluencerForbes
Bisnis
4 bulan lalu
119 dibaca
Pekerjaan Impian Gen Z: Perguruan Tinggi Menyambut Kursus Karir Influencer
Blueprint Bisnis di Balik Bintang-Bintang yang Meningkat di Media SosialForbes
Bisnis
4 bulan lalu
62 dibaca
Blueprint Bisnis di Balik Bintang-Bintang yang Meningkat di Media Sosial
5 Tren Pemasaran Influencer yang Diprediksi Akan Meledak di 2025Forbes
Bisnis
4 bulan lalu
88 dibaca
5 Tren Pemasaran Influencer yang Diprediksi Akan Meledak di 2025
Kemana Ekonomi Kreator Akan Menuju di Tahun 2025?Forbes
Bisnis
4 bulan lalu
156 dibaca
Kemana Ekonomi Kreator Akan Menuju di Tahun 2025?