General Mills: Transformasi Digital dengan AI dan Cloud untuk Inovasi Bisnis
Courtesy of Forbes

General Mills: Transformasi Digital dengan AI dan Cloud untuk Inovasi Bisnis

Artikel ini bertujuan menjelaskan bagaimana General Mills melakukan transformasi digital melalui penggabungan teknologi cloud, data, AI, dan talenta untuk mempercepat inovasi bisnis dan menghadapi perubahan pasar yang dinamis.

01 Des 2025, 21.00 WIB
96 dibaca
Share
Ikhtisar 15 Detik
  • Transformasi digital General Mills berfokus pada integrasi teknologi dan analitik untuk menciptakan solusi bisnis yang lebih efisien.
  • Pemasaran kinerja menjadi fokus utama, menggantikan cara tradisional dalam pendekatan pemasaran.
  • Data bersih dan tata kelola yang baik memungkinkan General Mills untuk menerapkan AI dengan cepat dan aman.
Amerika Serikat - General Mills adalah perusahaan makanan yang produknya ada di 90 persen rumah tangga Amerika dan menghasilkan pendapatan sebesar 19,5 miliar dolar pada tahun fiskal 2025. Untuk menghadapi perubahan perilaku konsumen dan peluang digital, General Mills menciptakan posisi Chief Digital and Technology Officer yang dipegang oleh Jaime Montemayor selama hampir enam tahun.
Montemayor menggabungkan teknologi lama seperti pusat data dan keamanan dengan kemampuan baru seperti data, analitik, dan AI. Ia membangun tim dengan model kerja hybrid yang mengedepankan kolaborasi dekat dengan unit bisnis serta pengembangan platform perusahaan yang bisa digunakan secara luas.
Sebelum pandemi, perusahaan sudah mulai beralih ke cloud untuk fleksibilitas lebih tinggi dan membangun fondasi data yang kuat, termasuk menerapkan tata kelola data yang ketat agar AI bisa digunakan dengan aman dan cepat. Selain itu, mereka juga memperbarui sistem ERP dan rantai pasok untuk mendukung operasi yang lebih efisien.
AI digunakan untuk mengotomatiskan kerja manual yang lama dan mempercepat inovasi di berbagai bidang, misalnya rantai pasok yang sebelumnya memerlukan waktu 80 jam per minggu kini hanya 30 menit. Selain itu, AI juga mempercepat pengembangan produk, produksi, dan pemasaran digital dengan menggunakan data secara real time.
Montemayor menekankan pentingnya membangun kepercayaan, mengedukasi dan menjalin kemitraan dalam menerapkan teknologi baru. Timnya juga berfokus mengubah pemasaran tradisional menjadi performance marketing yang didukung oleh data dan AI demi kemenangan dalam persaingan digital dan perkembangan teknologi di masa depan.
Referensi:
[1] https://www.forbes.com/sites/peterhigh/2025/12/01/digital-and-tech-chief-on-how-general-mills-is-scaling-ai/

Analisis Ahli

Peter High
"Transformasi digital yang dilakukan General Mills menunjukkan bahwa teknologi tidak hanya mendukung operasional, tapi juga mendorong pertumbuhan bisnis dengan menyediakan insight yang kuat dan kecepatan pemasaran yang dibutuhkan."

Analisis Kami

"Strategi General Mills dalam mengintegrasikan teknologi tradisional dengan AI generatif dan platform cloud adalah langkah maju yang sangat tepat di era digital saat ini. Pendekatan mereka yang fokus pada data bersih dan tata kelola yang kuat menjadikan perusahaan jauh lebih siap menghadapi kompetisi dan mempercepat inovasi bisnis secara berkelanjutan."

Prediksi Kami

Transformasi digital dan penggunaan AI yang semakin matang akan membuat General Mills semakin efisien, inovatif, dan tanggap terhadap perubahan pasar, yang mungkin akan memicu penerapan teknologi serupa secara luas di industri makanan dan konsumsi.

Pertanyaan Terkait

Q
Apa peran Jaime Montemayor di General Mills?
A
Jaime Montemayor adalah Chief Digital and Technology Officer yang bertanggung jawab atas integrasi TI dan transformasi digital di General Mills.
Q
Bagaimana General Mills mengintegrasikan teknologi dan analitik dalam operasionalnya?
A
General Mills mengintegrasikan teknologi dan analitik dengan membangun fondasi data yang terhubung dan beralih ke cloud untuk meningkatkan efisiensi.
Q
Apa yang dimaksud dengan pemasaran kinerja menurut Montemayor?
A
Pemasaran kinerja adalah pendekatan baru yang fokus pada efektivitas kampanye dengan menggunakan analitik dan model real-time untuk mengidentifikasi audiens yang tepat.
Q
Mengapa data bersih dan tata kelola data penting bagi General Mills?
A
Data bersih dan tata kelola data penting bagi General Mills karena memungkinkan penerapan AI secara cepat dan aman, serta meningkatkan kualitas analisis.
Q
Apa dampak AI terhadap rantai pasokan dan inovasi produk di General Mills?
A
AI membantu mengotomatisasi manajemen permintaan di rantai pasokan, mengurangi waktu yang diperlukan untuk pekerjaan manual, dan mempercepat siklus inovasi produk.