Cisco Gunakan AI untuk Memberdayakan Karyawan dan Kembalikan Waktu Kerja
Courtesy of YahooFinance

Cisco Gunakan AI untuk Memberdayakan Karyawan dan Kembalikan Waktu Kerja

Artikel ini bertujuan menunjukkan bagaimana Cisco memanfaatkan AI untuk meningkatkan pengalaman kerja karyawan, mengembalikan waktu mereka, dan membangun kepercayaan agar AI dapat diterima serta digunakan secara luas, bukan hanya sebagai alat penghematan biaya tapi sebagai pemberdaya potensi karyawan.

09 Okt 2025, 13.08 WIB
87 dibaca
Share
Ikhtisar 15 Detik
  • AI dapat digunakan untuk meningkatkan efisiensi dan pengalaman karyawan di tempat kerja.
  • Kepercayaan karyawan sangat penting untuk adopsi teknologi baru seperti AI.
  • Personalisasi dalam penerapan AI dapat meningkatkan keterlibatan dan produktivitas karyawan.
Eropa, Eropa - Di tengah kekhawatiran bahwa AI akan menggantikan pekerjaan banyak orang, Cisco memilih pendekatan berbeda dengan memanfaatkan AI untuk membantu karyawan mereka. Alih-alih menekan biaya, mereka fokus pada memberikan kembali waktu kepada karyawan dan membuka potensi yang lebih besar dalam pekerjaan. Contohnya, AI dapat menjawab pertanyaan tentang cuti dan bantuan administratif lainnya dengan cepat.
Kepercayaan adalah faktor utama dalam penggunaan AI di Cisco. Karyawan harus yakin bagaimana data mereka digunakan dan bergerak di dalam sistem. Cisco telah membangun kepercayaan ini selama bertahun-tahun dan menjadikan itu dasar adopsi teknologi baru. Sebagian besar karyawannya sangat menyarankan perusahaan ini sebagai tempat kerja yang baik.
Selain penghematan waktu, Cisco juga melihat AI dapat memberikan pengalaman yang personal. AI membantu dalam banyak proses, mulai dari pelacakan waktu, pemberitahuan peluang kerja berdasarkan minat dan kemampuan, hingga personalisasi onboarding dan pendampingan karyawan baru agar lebih cepat produktif.
Penggunaan AI juga membantu para pemimpin dalam membuat keputusan yang lebih tepat terkait penghargaan dan kompensasi. Namun, transformasi AI di bagian back-office dan HR masih kurang didanai dibandingkan bidang lain seperti sales dan marketing, padahal potensi peningkatannya sangat besar.
Cisco juga menekankan pentingnya fleksibilitas dan pilihan dalam kerja hybrid agar adopsi AI berjalan lancar. Dengan melibatkan karyawan sejak awal dalam pengembangan teknologi, mereka mampu meningkatkan partisipasi karyawan dan membangun alat AI yang inklusif dan bisa diakses oleh semua kalangan, termasuk mereka dengan kebutuhan khusus.
Referensi:
[1] https://finance.yahoo.com/news/cisco-uses-ai-agents-nudges-060800933.html

Analisis Ahli

Andrew Ng
"Implementasi AI yang berfokus pada karyawan dan bukan hanya efisiensi adalah masa depan AI yang berkelanjutan dan inklusif."
Fei-Fei Li
"Keberhasilan AI di tempat kerja sangat bergantung pada pendekatan yang manusiawi dan transparansi dalam penggunaan data."

Analisis Kami

"Pendekatan Cisco dalam menggunakan AI untuk pemberdayaan karyawan adalah contoh terbaik bagaimana teknologi dapat memanusiakan pekerjaan, bukan menghilangkannya. Fokus pada kepercayaan dan keterlibatan karyawan benar-benar strategi yang harus diadopsi oleh perusahaan lain agar transformasi digital berhasil dan tidak menimbulkan resistensi."

Prediksi Kami

Dalam beberapa tahun ke depan, penggunaan AI di Cisco dan perusahaan serupa akan semakin memperluas fungsinya dalam personalisasi pengalaman kerja, pemberdayaan karyawan, dan kepemimpinan berbasis data, mengubah cara organisasi menjalankan operasi HR dan manajemen talenta secara mendalam.

Pertanyaan Terkait

Q
Apa tujuan utama Cisco dalam mengimplementasikan AI untuk karyawan?
A
Tujuan utama Cisco dalam mengimplementasikan AI adalah untuk memberikan kembali waktu kepada karyawan dan meningkatkan potensi mereka.
Q
Bagaimana AI membantu karyawan dalam urusan HR di Cisco?
A
AI membantu karyawan dengan menjawab pertanyaan HR mereka secara langsung dan mengelola permintaan cuti tanpa membuka kasus.
Q
Mengapa kepercayaan karyawan penting dalam adopsi AI di Cisco?
A
Kepercayaan karyawan penting agar mereka merasa nyaman menggunakan alat AI untuk tugas penting yang melibatkan data pribadi.
Q
Apa yang dimaksud dengan personalisasi dalam konteks penggunaan AI di Cisco?
A
Personalisasi dalam konteks penggunaan AI di Cisco berarti memberikan rekomendasi yang disesuaikan dengan minat dan keterampilan karyawan.
Q
Bagaimana Cisco memastikan bahwa semua karyawan terlibat dalam pengembangan sistem AI?
A
Cisco memastikan bahwa semua karyawan terlibat dengan mengumpulkan umpan balik dari sampel representatif dari berbagai peran dan pengalaman.