Courtesy of InterestingEngineering
Ikhtisar 15 Detik
- C949 dirancang untuk meningkatkan jangkauan penerbangan supersonik hingga 6,800 mil.
- Pesawat ini bertujuan untuk mengurangi kebisingan supersonik menjadi setara dengan suara pengering rambut.
- Comac berencana untuk meluncurkan C949 pada tahun 2049, bertepatan dengan peringatan 100 tahun Republik Rakyat China.
Perusahaan China, Comac, sedang mengembangkan pesawat supersonik baru bernama C949 yang dirancang untuk terbang lebih cepat dan lebih jauh dibandingkan Concorde yang sudah pensiun. Pesawat ini memiliki kecepatan maksimum 1,6 Mach dan dapat terbang sejauh 6.800 mil, yang merupakan peningkatan 50% dari jarak Concorde. Selain itu, C949 juga dirancang untuk mengurangi kebisingan saat terbang, sehingga suara yang dihasilkan hanya setara dengan suara pengering rambut, yang diharapkan dapat mengatasi masalah regulasi yang melarang penerbangan supersonik di daratan.
Tim insinyur Comac, yang dipimpin oleh Wu Dawei, telah merancang bentuk fuselage yang dapat berubah untuk mengurangi gelombang kejut yang menyebabkan suara keras. Pesawat ini juga dilengkapi dengan sistem kontrol penerbangan berbasis kecerdasan buatan untuk menjaga stabilitas saat terbang dengan kecepatan tinggi. C949 akan memiliki kapasitas penumpang antara 28 hingga 48 orang, dengan fokus awal pada rute trans-Pasifik untuk menghindari keluhan kebisingan.
Baca juga: Tonton: Jet Boom Supersonic memecahkan batas suara tanpa ledakan sonik dalam uji coba terakhir.
Comac memiliki rencana ambisius untuk meluncurkan beberapa proyek pesawat lainnya, termasuk C929 dan C939, dengan C949 ditargetkan mulai beroperasi pada tahun 2049. Dengan potensi pasar yang besar, diperkirakan bahwa perjalanan supersonik dapat menarik sekitar 45 juta penumpang setiap tahun, yang setara dengan 1% dari total penumpang pesawat di seluruh dunia.
Pertanyaan Terkait
Q
Apa tujuan utama dari pesawat C949 yang dikembangkan oleh Comac?A
Tujuan utama dari pesawat C949 adalah untuk mendefinisikan kembali perjalanan supersonik dengan meningkatkan jangkauan dan mengurangi kebisingan.Q
Siapa yang memimpin tim pengembangan C949?A
Tim pengembangan C949 dipimpin oleh Wu Dawei, seorang ahli aerodinamika.Q
Bagaimana C949 berencana untuk mengurangi kebisingan dibandingkan dengan Concorde?A
C949 berencana untuk mengurangi kebisingan menjadi 83.9 PLdB, yang setara dengan suara pengering rambut, jauh lebih rendah dibandingkan dengan kebisingan Concorde.Q
Apa yang menjadi target jumlah penumpang untuk penerbangan supersonik?A
Target jumlah penumpang untuk penerbangan supersonik adalah sekitar 45 juta penumpang per tahun.Q
Kapan C949 direncanakan untuk mulai beroperasi?A
C949 direncanakan untuk mulai beroperasi pada tahun 2049.