Courtesy of Forbes
Enam hari sebelum pemilihan presiden 2024, Facebook menayangkan ratusan iklan dari halaman yang salah mengklaim bahwa pemilihan mendatang mungkin akan dipalsukan atau ditunda. Iklan-iklan ini telah menghabiskan lebih dari Rp 16.45 miliar ($1 juta) , dengan lebih dari Rp 5.76 juta ($350.000) hanya dalam seminggu terakhir. Beberapa iklan menampilkan gambar Wakil Presiden Kamala Harris dengan tanduk setan dan bendera Amerika yang terbakar, serta gambar-gambar yang menimbulkan ketakutan tentang kemungkinan perang saudara di Amerika. Meta, perusahaan induk Facebook, memiliki aturan yang melarang informasi yang salah tentang pemilihan, tetapi banyak iklan ini tetap tayang.
Meta sedang meninjau iklan-iklan tersebut dan akan menghapus yang melanggar kebijakan mereka. Sejak 2021, Meta telah mengurangi jumlah posting politik yang ditampilkan kepada pengguna, sehingga iklan politik berbayar menjadi lebih berpengaruh. Meskipun Mark Zuckerberg, pemilik Facebook, sebelumnya menyumbangkan dana untuk kelompok yang berfokus pada integritas pemilihan, dia tidak melanjutkan sumbangan tersebut pada tahun 2024. Sementara itu, Donald Trump Jr. dan influencer MAGA mulai menjual buku yang mengklaim Zuckerberg berkonspirasi melawan Trump pada pemilihan 2020.