Feri yang kuat untuk menghubungkan Spanyol dan Maroko dalam 40 menit dengan baterai super.
Courtesy of InterestingEngineering

Rangkuman Berita: Feri yang kuat untuk menghubungkan Spanyol dan Maroko dalam 40 menit dengan baterai super.

InterestingEngineering
Dari InterestingEngineering
27 Januari 2025 pukul 21.26 WIB
121 dibaca
Share
Perusahaan Spanyol Baleària sedang mengembangkan proyek koridor hijau antara Eropa dan Afrika dengan meluncurkan dua feri cepat yang sepenuhnya listrik dan tanpa emisi. Feri ini dirancang untuk menghubungkan Tarifa, Spanyol, dan Tangier, Maroko, dengan perjalanan sejauh 30 kilometer hanya menggunakan tenaga listrik. Setiap feri dilengkapi dengan sistem listrik yang kuat dan baterai yang dapat diisi ulang dengan cepat, sehingga dapat menyelesaikan perjalanan dalam waktu singkat. Selain itu, sistem pengisian canggih akan dipasang di pelabuhan Tarifa dan Tangier untuk mendukung efisiensi operasional feri.
Feri baru ini akan dibangun dalam dua setengah tahun ke depan dan mampu menampung 804 penumpang serta 225 mobil. Desainnya mengutamakan kenyamanan penumpang dengan interior yang luas dan layanan modern. Proyek ini merupakan kerja sama antara berbagai entitas publik dan swasta, dan bertujuan untuk menciptakan koneksi yang berkelanjutan dan efisien antara Eropa dan Afrika. Baleària juga telah mendapatkan kontrak 15 tahun untuk mengelola jalur Tarifa-Tangier Ville, yang diharapkan menjadi contoh mobilitas dan keberlanjutan internasional.

Pertanyaan Terkait

Q
Apa tujuan proyek koridor hijau yang diluncurkan oleh Baleària?
A
Tujuan proyek koridor hijau adalah untuk menciptakan rute transportasi yang berkelanjutan antara Eropa dan Afrika menggunakan feri listrik tanpa emisi.
Q
Apa spesifikasi teknis dari feri listrik yang akan diluncurkan?
A
Feri listrik yang akan diluncurkan memiliki daya listrik 16 MW dan empat unit propulsi bertenaga baterai 11.500 kW.
Q
Bagaimana proses pengisian daya feri dilakukan?
A
Proses pengisian daya dilakukan dengan menggunakan sistem pengisian cepat yang memungkinkan pengisian penuh dalam waktu 40 menit.
Q
Apa peran APBA dalam proyek ini?
A
APBA memberikan kontrak kepada Baleària untuk mengelola jalur Tarifa-Tangier Ville dan fokus pada kriteria teknis dan lingkungan.
Q
Apa yang membedakan desain feri baru ini dari feri LNG yang ada?
A
Desain feri baru ini dioptimalkan untuk operasi di pelabuhan Tarifa dan Tangier Ville, dengan fokus pada kenyamanan penumpang dan efisiensi.

Rangkuman Berita Serupa

Kapal lepas pantai sepenuhnya listrik pertama di dunia dengan baterai 25MWh akan diluncurkan pada tahun 2027.InterestingEngineering
Teknologi
2 bulan lalu
76 dibaca
Kapal lepas pantai sepenuhnya listrik pertama di dunia dengan baterai 25MWh akan diluncurkan pada tahun 2027.
Kapalsel cargo terpanjang di dunia: Kapal layar kargo sepanjang 450 kaki dengan kapasitas muatan 5.842 ton diluncurkan.InterestingEngineering
Sains
2 bulan lalu
83 dibaca
Kapalsel cargo terpanjang di dunia: Kapal layar kargo sepanjang 450 kaki dengan kapasitas muatan 5.842 ton diluncurkan.
Kapal pertama di dunia dengan sistem penyedot karbon skala penuh mengurangi emisi sebesar 70%.InterestingEngineering
Sains
2 bulan lalu
42 dibaca
Kapal pertama di dunia dengan sistem penyedot karbon skala penuh mengurangi emisi sebesar 70%.
Pengiriman Kembali ke Masa Depan - Dengan Layang-layangForbes
Sains
3 bulan lalu
130 dibaca
Pengiriman Kembali ke Masa Depan - Dengan Layang-layang
China meluncurkan kapal kontainer bertenaga hidrogen dengan kapasitas angkut 1.450 ton yang pertama.InterestingEngineering
Sains
4 bulan lalu
117 dibaca
China meluncurkan kapal kontainer bertenaga hidrogen dengan kapasitas angkut 1.450 ton yang pertama.
Roda rotor setinggi 114 kaki menjadikan Sohar Max kapal terbesar di dunia yang menggunakan propulsi angin.InterestingEngineering
Sains
4 bulan lalu
123 dibaca
Roda rotor setinggi 114 kaki menjadikan Sohar Max kapal terbesar di dunia yang menggunakan propulsi angin.