Courtesy of Forbes
Saat ini, ada kekacauan terkait larangan TikTok di AS, di mana aplikasi tersebut dihapus sementara atau permanen. Hal ini juga berdampak pada permainan Marvel Snap, yang diterbitkan oleh ByteDance, perusahaan induk TikTok. Ada kekhawatiran bahwa jika pemerintah AS dapat melarang satu jaringan sosial, mereka mungkin akan melakukannya pada jaringan lain, termasuk yang berbasis di AS. Fokusnya kini bisa beralih ke Tencent, perusahaan besar asal China yang memiliki banyak penerbit dan pengembang game terkenal, yang juga beroperasi di AS.
Jika Tencent menjadi target, akan sangat sulit untuk memisahkan perusahaan ini dari industri game tanpa dampak besar. Pemerintah AS mungkin akan meminta Tencent untuk menjual sahamnya di perusahaan-perusahaan game di AS, atau menghadapi risiko larangan terhadap game-game tersebut. Meskipun saat ini hal ini terdengar tidak mungkin, situasi bisa berubah jika pemerintah menyadari seberapa terintegrasinya perusahaan-perusahaan China dalam banyak game besar yang dimainkan oleh anak-anak di AS.
Pertanyaan Terkait
Q
Apa yang terjadi dengan larangan TikTok di AS?A
Larangan TikTok di AS sedang berlangsung, dengan aplikasi tersebut dihapus sementara atau permanen tergantung pada situasi yang berkembang.Q
Mengapa ByteDance menjadi sorotan dalam konteks larangan ini?A
ByteDance menjadi sorotan karena dianggap sebagai risiko keamanan nasional karena merupakan perusahaan China yang mendistribusikan aplikasi di AS.Q
Apa peran Tencent dalam industri video game di AS?A
Tencent adalah perusahaan besar asal China yang memiliki banyak penerbit dan pengembang game terkenal, termasuk di AS.Q
Bagaimana larangan TikTok dapat mempengaruhi game yang dimiliki oleh Tencent?A
Larangan TikTok dapat mempengaruhi game yang dimiliki oleh Tencent, seperti League of Legends, jika pemerintah AS memutuskan untuk menargetkan perusahaan tersebut.Q
Apa dampak potensial jika pemerintah AS menargetkan perusahaan game asal China?A
Jika pemerintah AS menargetkan perusahaan game asal China, hal ini dapat menyebabkan dampak besar pada industri video game, terutama yang dimainkan oleh anak-anak.