Courtesy of YahooFinance
Komisi Perdagangan Federal (FTC) menggugat PepsiCo karena diduga melakukan diskriminasi harga yang ilegal dengan memberikan keuntungan harga yang tidak adil kepada salah satu pengecer besar, yang diduga adalah Walmart. Menurut FTC, PepsiCo memberikan pembayaran promosi kepada Walmart tetapi tidak kepada toko grosir besar lainnya atau toko kelontong independen. Hal ini menyebabkan banyak konsumen Amerika harus membayar harga yang lebih tinggi untuk produk PepsiCo kecuali mereka berbelanja di Walmart.
FTC mengklaim bahwa praktik ini merugikan usaha kecil dan membuat harga barang menjadi lebih mahal bagi konsumen. Mereka menggugat PepsiCo berdasarkan Undang-Undang Robinson-Patman tahun 1936, yang melarang perusahaan memberikan insentif promosi kepada pelanggan besar sambil mengabaikan yang lebih kecil. Ini adalah kali kedua FTC menggunakan undang-undang ini dalam waktu singkat, setelah sebelumnya menggugat distributor besar Southern Glazer's Wine and Spirits karena memberikan diskon kepada toko besar dan mendiskriminasi usaha kecil.
Pertanyaan Terkait
Q
Apa yang dituduhkan FTC terhadap PepsiCo?A
FTC menuduh PepsiCo melakukan diskriminasi harga ilegal dengan memberikan keuntungan harga yang tidak adil kepada satu pengecer besar.Q
Siapa pengecer besar yang diduga mendapat keuntungan dari praktik PepsiCo?A
Pengecer besar yang diduga mendapat keuntungan adalah Walmart.Q
Apa itu Robinson-Patman Act?A
Robinson-Patman Act adalah undang-undang yang melarang perusahaan memberikan insentif promosi kepada pelanggan besar dibandingkan dengan pelanggan kecil.Q
Mengapa FTC mengajukan gugatan terhadap PepsiCo?A
FTC mengajukan gugatan terhadap PepsiCo karena praktiknya yang dianggap merugikan bisnis kecil dan konsumen dengan memaksa mereka membayar harga yang lebih tinggi.Q
Apa dampak dari praktik diskriminasi harga terhadap konsumen?A
Praktik diskriminasi harga dapat menyebabkan konsumen membayar harga yang lebih tinggi untuk produk PepsiCo kecuali mereka berbelanja di Walmart.