Larangan Bahan Baku Langka Memicu Keraguan Tentang Kelayakan Industri Otomotif AS
Courtesy of Forbes

Rangkuman Berita: Larangan Bahan Baku Langka Memicu Keraguan Tentang Kelayakan Industri Otomotif AS

Forbes
DariĀ Forbes
10 Desember 2024 pukul 18.03 WIB
117 dibaca
Share
Peralihan ke kendaraan listrik (EV) diperkirakan akan terjadi lebih cepat dari yang dipahami banyak orang. Perusahaan otomotif lama mungkin tidak akan mampu bersaing di pasar EV yang baru. China baru-baru ini mengumumkan larangan ekspor grafit, yang merupakan bahan penting untuk baterai EV, serta beberapa mineral langka yang digunakan dalam semikonduktor. Hal ini dapat mempengaruhi perusahaan AS seperti Tesla dan Rivian yang sedang bersaing untuk memimpin pasar EV. Meskipun Tesla dikenal sebagai pemimpin di AS, perusahaan China BYD juga menjadi produsen EV terbesar di dunia dengan penjualan yang meningkat pesat.
Keunggulan China dalam pasar EV berasal dari dua faktor utama: pasar terbesar untuk EV berada di China, dan rantai pasokan untuk produksi baterai sangat mendukung perusahaan-perusahaan China. Sekitar 80% grafit dunia diproduksi di China, dan perusahaan-perusahaan seperti CATL mendominasi pasar baterai lithium. Jika ketegangan perdagangan antara AS dan China meningkat, perusahaan-perusahaan EV di AS mungkin akan menghadapi tantangan besar untuk mempertahankan posisi mereka di industri ini.

Pertanyaan Terkait

Q
Apa yang memicu transisi cepat ke kendaraan listrik?
A
Transisi cepat ke kendaraan listrik dipicu oleh penurunan biaya baterai lithium-ion dan peningkatan daya saing kendaraan listrik.
Q
Mengapa China melarang ekspor grafit dan mineral langka?
A
China melarang ekspor grafit dan mineral langka untuk melindungi kepentingan nasional dan keamanan, serta sebagai respons terhadap kontrol ekspor yang diberlakukan oleh AS.
Q
Siapa yang dianggap sebagai pemimpin pasar kendaraan listrik di AS?
A
Tesla dianggap sebagai pemimpin pasar kendaraan listrik di AS, dengan Model Y mereka menjadi kendaraan terlaris di dunia.
Q
Apa tantangan yang dihadapi oleh perusahaan otomotif tradisional seperti Ford dan GM?
A
Perusahaan otomotif tradisional seperti Ford dan GM menghadapi tantangan dalam beradaptasi dengan teknologi baru dan mungkin mengalami kesulitan untuk bertahan dalam industri yang berubah cepat.
Q
Mengapa BYD dianggap sebagai disruptor di pasar kendaraan listrik?
A
BYD dianggap sebagai disruptor karena mereka menawarkan kendaraan listrik dengan harga yang kompetitif dan telah berhasil meningkatkan kualitas produk mereka.

Rangkuman Berita Serupa

Sepuluh pabrik baterai baru akan menggandakan kapasitas AS menjadi 421,5 GWh untuk meningkatkan adopsi kendaraan listrik.InterestingEngineering
Teknologi
1 bulan lalu
111 dibaca
Sepuluh pabrik baterai baru akan menggandakan kapasitas AS menjadi 421,5 GWh untuk meningkatkan adopsi kendaraan listrik.
Kendaraan Listrik Mencetak Rekor: Kebijakan Cerdas Dapat Memastikan Amerika Memimpin Pasar GlobalForbes
Teknologi
2 bulan lalu
106 dibaca
Kendaraan Listrik Mencetak Rekor: Kebijakan Cerdas Dapat Memastikan Amerika Memimpin Pasar Global
Niat Tarif dan Kendaraan Listrik Trump Membuat Industri Otomotif dan Konsumen CemasForbes
Teknologi
3 bulan lalu
36 dibaca
Niat Tarif dan Kendaraan Listrik Trump Membuat Industri Otomotif dan Konsumen Cemas
Jalan Menuju Mobil yang Lebih Bersih: Mengapa Kemajuan AS Tidak Boleh TerhentiForbes
Teknologi
3 bulan lalu
80 dibaca
Jalan Menuju Mobil yang Lebih Bersih: Mengapa Kemajuan AS Tidak Boleh Terhenti
Rencana EV dan tarif Trump menambah ketidakpastian bagi industri otomotif yang sudah dalam keadaan berubah.YahooFinance
Teknologi
3 bulan lalu
148 dibaca
Rencana EV dan tarif Trump menambah ketidakpastian bagi industri otomotif yang sudah dalam keadaan berubah.
Dominasi China dalam Kendaraan Listrik adalah Peringatan bagi Produsen Mobil ASForbes
Bisnis
3 bulan lalu
137 dibaca
Dominasi China dalam Kendaraan Listrik adalah Peringatan bagi Produsen Mobil AS