Suzuki Bekerja Keras Elektrifikasi di Eropa dengan Bantu Toyota dan eVitara
Courtesy of Forbes

Suzuki Bekerja Keras Elektrifikasi di Eropa dengan Bantu Toyota dan eVitara

Menginformasikan tentang strategi Suzuki yang berusaha melakukan elektrifikasi di Eropa dengan bantuan Toyota, menghadapi regulasi ketat dan persaingan di pasar kendaraan listrik yang semakin sengit, serta peluang yang mungkin muncul dari kebijakan EU untuk mobil kecil.

08 Des 2025, 22.03 WIB
26 dibaca
Share
Ikhtisar 15 Detik
  • Suzuki berusaha untuk beralih ke elektrifikasi dengan peluncuran eVitara.
  • Kerjasama dengan Toyota adalah kunci untuk mengakses teknologi mobil listrik.
  • Penjualan Suzuki di Eropa sedang mengalami penurunan, dan keberhasilan masa depan mereka bergantung pada strategi yang tepat.
Eropa, Uni Eropa - Suzuki Jepang berusaha keras mengikuti tren elektrifikasi mobil di Eropa dengan bantuan dari afiliasinya, Toyota. Mereka baru meluncurkan mobil listrik pertama mereka di wilayah ini yang dinamakan eVitara. Meskipun menghadapi tantangan besar karena terlambat masuk pasar EV dan persaingan ketat, Suzuki berharap kerja sama ini membuka peluang.
Pasar Suzuki di Eropa tidak besar, dengan pangsa pasar hanya sekitar 1,3% dan penjualan yang mengalami penurunan sejak 2019. Hal ini membuat posisi Suzuki cukup rentan dalam menghadapi regulasi ketat dari pemerintah, seperti Inggris yang mempercepat larangan kendaraan mesin pembakaran hingga tahun 2030.
Kerja sama Suzuki dengan Toyota memberi keuntungan teknologi dan model kendaraan yang sudah terbukti. Contohnya adalah versi ulang dari RAV4 yang dikenal sebagai Suzuki Across dan produksi eVitara di India yang memungkinkan Suzuki bertahan dalam persaingan produk dan teknologi modern.
Pakarnya mengatakan bahwa walaupun Suzuki masih kalah jauh dari pemain EV lain seperti Kia, Volvo, dan Hyundai, segmen kendaraan kecil yang dikenal sebagai kei car bisa menjadi harapan bagi Suzuki jika Eropa mengadopsi regulasi yang mendukung jenis kendaraan kecil tersebut. Hal ini selaras dengan keahlian Suzuki yang sudah lama di bidang mobil kecil.
Di tengah tekanan pasar dan kebutuhan jaringan dealer yang kuat, Suzuki masih punya basis pelanggan setia yang menghargai keandalan kendaraannya. Dengan memanfaatkan sumber komponen dari pemasok seperti BYD dan teknologi Toyota, Suzuki bisa menjaga produk yang terjangkau dan andal agar terus diminati konsumen di Eropa.
Referensi:
[1] https://www.forbes.com/sites/neilwinton/2025/12/08/suzukis-european-ev-strategy-boosted-by-evitara-and-toyota/

Analisis Ahli

Benjamin Kibies
"Suzuki memiliki basis pelanggan setia yang menghargai keandalan, tapi jaringan dealer yang melemah akan mengancam loyalitas tersebut. Memanfaatkan pemasok seperti BYD memungkinkan Suzuki tetap kompetitif dalam EV tanpa harus investasi besar di R&D internal."
Jamel Taganza
"Penjualan eVitara masih kecil menghadapi kompetisi ketat dari merek lain yang lebih mapan di EV, sehingga Suzuki harus fokus ke segmen profesional seperti armada perusahaan dulu. Jika regulasi Eropa menyediakan segmen kei car, Suzuki bisa memanfaatkan keahliannya dan memperbaiki volume penjualan."
Charles Tennant
"Walaupun Suzuki pemain kecil di Eropa, mereka kuat secara global di pasar India dan Asia Selatan. Kerja sama lama dengan Toyota sudah membekali Suzuki untuk mengejar target elektrifikasi tanpa beban besar karena sumber daya teknologi dan produksi yang dibagi."

Analisis Kami

"Suzuki secara historis unggul di segmen kendaraan kecil dan efisien, tetapi ketertinggalannya di teknologi elektrifikasi membuatnya rentan di Eropa yang sangat kompetitif. Meski demikian, aliansi dengan Toyota sangat strategis karena memberikan akses teknologi dan sumber daya yang tak dimiliki Suzuki sendiri, sehingga ini bisa menjadi pondasi penting untuk bertahan dan berkembang ke depan."

Prediksi Kami

Suzuki akan terus mengalami tekanan penurunan penjualan di Eropa tetapi dapat memperbaiki posisinya secara perlahan dengan memanfaatkan teknologi Toyota dan peluang di segmen kendaraan kecil jika regulasi Eropa berkembang mendukung kendaraan kei car.

Pertanyaan Terkait

Q
Apa yang menjadi fokus utama Suzuki di Eropa saat ini?
A
Fokus utama Suzuki di Eropa adalah elektrifikasi dan peluncuran mobil listrik seperti eVitara.
Q
Apa yang dimaksud dengan eVitara?
A
eVitara adalah SUV kompak elektrik yang merupakan hasil kerjasama antara Suzuki dan Toyota.
Q
Mengapa kerjasama dengan Toyota dianggap penting bagi Suzuki?
A
Kerjasama dengan Toyota dianggap penting karena dapat memberikan akses ke teknologi mobil listrik dan hybrid yang lebih maju.
Q
Apa yang terjadi dengan penjualan Suzuki di Eropa dalam beberapa tahun terakhir?
A
Penjualan Suzuki di Eropa telah mengalami penurunan, dengan penjualan turun hampir 50% sejak 2019.
Q
Apa itu Kei car dan mengapa itu penting bagi Suzuki?
A
Kei car adalah kategori mobil kecil yang efisien dan Suzuki adalah spesialis dalam pembuatan mobil jenis ini, yang dapat memberikan keuntungan di pasar Eropa.