
Courtesy of Forbes
Komisi Eropa Rencanakan Kebijakan Baru Hidupkan Mobil Kecil Terjangkau
Mendorong kebijakan baru dari Komisi Eropa untuk menghidupkan kembali pasar mobil kecil terjangkau di Eropa, yang selama ini terkendala regulasi ketat dan dominasi produksi EV, serta melindungi industri otomotif Eropa dari persaingan berat dengan Tiongkok.
10 Nov 2025, 22.03 WIB
222 dibaca
Share
Ikhtisar 15 Detik
- Eropa menghadapi tantangan besar dari kompetisi mobil listrik Cina.
- Perubahan peraturan yang diusulkan dapat membantu memproduksi mobil kecil dengan harga terjangkau.
- Industri otomotif Eropa harus beradaptasi dengan cepat untuk tetap bersaing di pasar global.
Brussels, Belgia - Penjualan mobil kecil di Eropa menurun drastis dari 1,8 juta unit pada 2009 menjadi hanya 500.000 unit pada tahun 2024. Ini terjadi karena aturan Uni Eropa yang menuntut mobil baru harus bebas emisi karbon mulai 2035, sehingga mobil kecil berbahan bakar bensin atau diesel semakin sulit bersaing dan harganya melonjak. Banyak konsumen di Eropa pun kesulitan membeli mobil terjangkau di pasar ini.
Komisi Eropa akan membahas inisiatif baru untuk menghidupkan kembali pasar mobil kecil terjangkau pada pertemuan tanggal 10 Desember. Mereka mempertimbangkan pelonggaran aturan yang selama ini sangat ketat terutama untuk kendaraan elektro agar juga memperbolehkan mobil kecil berbahan pembakaran internal atau dengan pengurangan fitur mahal agar harga bisa turun.
Beberapa produsen otomotif besar seperti Renault dan Stellantis mendukung perubahan aturan agar mereka dapat memproduksi mobil kecil yang menguntungkan layaknya mobil "Kei" murah di Jepang. Namun, harga yang diincar masih cukup tinggi yakni antara 15.000 hingga 20.000 euro, padahal sebagian analis menganggap harga sekitar 10.000 euro lebih masuk akal jika ingin menjangkau banyak konsumen.
Di sisi lain, kelompok lingkungan seperti Transport & Environment menolak pelonggaran tersebut. Mereka berpendapat bahwa melemahkan aturan emisi akan menghambat pencapaian target iklim Eropa dan menurunkan daya saing industri otomotif Eropa dalam persaingan global yang sedang bergerak cepat menuju kendaraan listrik.
Meskipun demikian, kemungkinan perubahan aturan akan memakan waktu bertahun-tahun dan belum jelas apakah nantinya konsumen Eropa akan benar-benar memilih mobil kecil dengan fitur yang lebih sederhana. Pertemuan Komisi Eropa pada tanggal 10 Desember menjadi momen penting untuk menentukan arah kebijakan otomotif Eropa terkait pasar mobil kecil dan target bebas emisi 2035.
Referensi:
[1] https://www.forbes.com/sites/neilwinton/2025/11/10/could-europe-revive-decaying-small-car-market/
[1] https://www.forbes.com/sites/neilwinton/2025/11/10/could-europe-revive-decaying-small-car-market/
Analisis Ahli
Ian Fletcher
"Mengubah aturan mobil kecil bisa memakan waktu beberapa tahun dan belum ada kepastian apakah konsumen Eropa menginginkan mobil yang sangat kecil dengan konten yang lebih sedikit dibandingkan mobil impor."
Jamel Taganza
"Renault menolak regulasi khusus untuk mobil kecil dan lebih mendukung insentif pajak serta harga energi tetap agar segmen ini berkembang secara alami."
Emilie Casteignau Bernardini
"Pelonggaran aturan CO2 akan melemahkan target Uni Eropa dan menempatkan pembuat mobil Eropa di posisi yang kalah dibanding kompetitor global, khususnya Tiongkok."
Analisis Kami
"Regulasi Uni Eropa yang terlalu ketat justru merugikan konsumen yang mencari mobil kecil dan terjangkau, sementara industri otomotif Eropa tertinggal dari kompetitor Tiongkok. Pelonggaran aturan perlu dilakukan dengan hati-hati agar dapat mendukung pengembangan mobil kecil baik berbasis ICE maupun EV tanpa merusak tujuan lingkungan jangka panjang."
Prediksi Kami
Kebijakan untuk pasar mobil kecil kemungkinan akan membutuhkan waktu bertahun-tahun sebelum benar-benar terimplementasi dan berpengaruh besar, sementara perdebatan mengenai target bebas emisi 2035 berpotensi memunculkan revisi yang lebih longgar untuk menyelamatkan industri otomotif Eropa.
Pertanyaan Terkait
Q
Apa yang dibahas dalam pertemuan Komisi Eropa pada 10 Desember?A
Pertemuan tersebut akan membahas kemungkinan perubahan peraturan yang mengatur penjualan mobil kecil dan penjualan mobil listrik.Q
Mengapa industri otomotif Eropa meminta perubahan peraturan?A
Industri otomotif Eropa meminta perubahan untuk melindungi diri dari persaingan yang semakin ketat dari mobil Cina.Q
Apa dampak dari peraturan baru yang diusulkan terhadap mobil kecil?A
Peraturan baru yang diusulkan dapat mengurangi biaya produksi dan membuat mobil kecil lebih terjangkau bagi konsumen.Q
Bagaimana posisi kelompok lobi terkait dengan perubahan peraturan ini?A
Kelompok lobi seperti Transport & Environment menentang perubahan, khawatir akan melemahkan tujuan emisi CO2 Eropa.Q
Apa harapan untuk pasar mobil kecil di Eropa di masa depan?A
Ada harapan bahwa pasar mobil kecil bisa pulih, dengan proyeksi penjualan mencapai satu juta unit di Eropa.
