
Courtesy of Forbes
AI Multimodal Ubah Cara Karyawan Dapat Dukungan TI Secara Cepat dan Mudah
Mengedukasi para CIO tentang potensi dan pentingnya penerapan AI multimodal dalam dukungan TI perusahaan agar dapat meningkatkan produktivitas, pengalaman pengguna, dan keunggulan kompetitif.
25 Nov 2025, 23.00 WIB
139 dibaca
Share
Ikhtisar 15 Detik
- AI multimodal dapat meningkatkan pengalaman pengguna dalam dukungan enterprise.
- Integrasi dan keamanan data adalah kunci untuk menerapkan AI multimodal dengan sukses.
- CIO perlu fokus pada skenario yang memberikan nilai tambah strategis dan meningkatkan produktivitas.
Global - Seiring perkembangan teknologi AI, banyak karyawan masih merasa frustrasi dengan chatbots yang gagal memahami permintaan sederhana di tempat kerja. Namun sekarang, teknologi AI multimodal muncul dan mampu memahami tidak hanya teks tapi juga suara, gambar, dan video, sehingga memberikan pengalaman dukungan TI yang lebih efisien dan personal di tempat kerja.
Menurut Gartner, pada tahun 2030, 80% aplikasi perusahaan diprediksi akan menggunakan AI multimodal. Teknologi ini memungkinkan karyawan untuk mendapatkan bantuan yang lebih cepat dan sesuai dengan konteks mereka, misalnya dengan membagikan layar yang menunjukkan masalah yang mereka hadapi, yang dapat langsung dipahami dan ditangani oleh AI.
Contoh penerapan mulai dari penanganan masalah secara real time, permintaan akses yang lebih cepat tanpa mengisi formulir, hingga pelatihan perangkat lunak baru yang disesuaikan dengan kebutuhan individu. Semua itu membuat waktu penyelesaian masalah berkurang dan adopsi layanan mandiri meningkat tajam.
Meski AI multimodal sangat menguntungkan, ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan seperti integrasi dengan sistem internal perusahaan, keamanan data seperti perlindungan informasi sensitif, serta manajemen model AI agar selalu bekerja optimal dan dapat beralih ke dukungan manusia saat dibutuhkan.
Bagi para CIO, kuncinya adalah memulai penerapan AI multimodal secara bertahap di area yang paling bermasalah dan memberikan nilai langsung. Dengan demikian, teknologi ini dapat mengubah dukungan TI dari layanan reaktif menjadi penggerak produktivitas utama yang memudahkan karyawan seperti saat menggunakan teknologi di rumah.
Referensi:
[1] https://www.forbes.com/councils/forbestechcouncil/2025/11/25/the-rise-of-multimodal-ai-for-intuitive-and-employee-centric-it-support/
[1] https://www.forbes.com/councils/forbestechcouncil/2025/11/25/the-rise-of-multimodal-ai-for-intuitive-and-employee-centric-it-support/
Analisis Ahli
Gartner
"Multimodal generative AI akan menjadi revolusi dalam aplikasi perusahaan dengan meningkatkan akurasi, mengotomatisasi operasi, dan memungkinkan keputusan berbasis konteks yang lebih baik."
Analisis Kami
"AI multimodal adalah terobosan yang sangat dibutuhkan untuk mengatasi kelemahan AI konvensional dalam dukungan TI. Namun, tanpa perhatian serius pada keamanan dan integrasi sistem, implementasinya bisa gagal dan justru menimbulkan resistensi dari pengguna."
Prediksi Kami
Dalam beberapa tahun mendatang, perusahaan yang mengadopsi AI multimodal akan memperlihatkan peningkatan produktivitas signifikan dan perubahan paradigma layanan TI dari reaktif menjadi proaktif, menciptakan keunggulan kompetitif yang nyata.
Pertanyaan Terkait
Q
Apa yang dimaksud dengan AI multimodal?A
AI multimodal adalah sistem AI yang dapat memahami dan mengolah berbagai bentuk informasi, termasuk teks, suara, gambar, dan video.Q
Mengapa karyawan tidak mempercayai chatbot di tempat kerja?A
Karyawan tidak mempercayai chatbot di tempat kerja karena sering kali gagal memahami permintaan sederhana dan mengakibatkan kelelahan pengguna.Q
Apa prediksi Gartner tentang perangkat lunak enterprise di tahun 2030?A
Gartner memprediksi bahwa 80% perangkat lunak dan aplikasi enterprise akan bersifat multimodal pada tahun 2030.Q
Sebutkan contoh situasi di mana AI multimodal bisa memberikan nilai tambah.A
Contoh situasi di mana AI multimodal bisa memberikan nilai tambah termasuk troubleshooting real-time, permintaan akses yang efisien, dan onboarding perangkat lunak yang kompleks.Q
Apa saja tantangan dalam menerapkan AI multimodal di enterprise?A
Tantangan dalam menerapkan AI multimodal di enterprise meliputi integrasi dengan sistem yang ada, keamanan data, dan memastikan penggunaan karyawan.




