Courtesy of TechCrunch
Meta Larang Chatbot Umum di WhatsApp, Fokus ke Layanan Pelanggan
Menginformasikan perubahan kebijakan WhatsApp Business API yang melarang distribusi chatbot umum untuk memastikan fokus API tetap pada pelayanan pelanggan dan menjaga model bisnis WhatsApp yang menghasilkan pendapatan melalui pesan bisnis.
18 Okt 2025, 21.12 WIB
171 dibaca
Share
Ikhtisar 15 Detik
- WhatsApp melarang penggunaan chatbot umum untuk menjaga fokus pada layanan pelanggan bisnis.
- Perubahan ini dapat mempengaruhi banyak perusahaan yang bergantung pada WhatsApp untuk distribusi AI.
- WhatsApp berencana untuk meningkatkan pendapatan bisnis melalui API yang ditujukan untuk layanan pelanggan.
Global - Meta baru saja mengumumkan perubahan besar pada kebijakan API bisnis WhatsApp yang mulai berlaku pada 15 Januari 2026. Kebijakan baru ini melarang penggunaan chatbot umum atau asisten AI yang tidak spesifik untuk layanan pelanggan di platform WhatsApp.
Tujuan utama kebijakan ini adalah memastikan WhatsApp Business API tetap digunakan sesuai dengan desain aslinya, yaitu membantu bisnis berkomunikasi langsung dengan pelanggan mereka melalui layanan pelanggan, pembaruan, dan dukungan.
Larangan ini tidak berlaku untuk bisnis yang menggunakan AI sebagai bagian dari layanan pelanggan mereka, seperti travel agent yang menyediakan informasi atau bantuan kepada pelanggan melalui chatbot yang ditargetkan.
Masalah utama yang dihadapi Meta adalah penggunaan chatbot umum di WhatsApp telah meningkatkan volume pesan secara signifikan sehingga membebani sistem, sementara tidak ada model bisnis yang tepat untuk mengenakan biaya terhadap pesan chatbot tersebut.
Akibatnya, WhatsApp akan menjadi platform yang hanya mengizinkan asisten AI Meta sendiri, sementara pengguna dan perusahaan lain yang ingin menggunakan chatbot umum harus mencari alternatif lain atau menyesuaikan penggunaannya dengan kebijakan baru ini.
Referensi:
[1] https://techcrunch.com/2025/10/18/whatssapp-changes-its-terms-to-bar-general-purpose-chatbots-from-its-platform/
[1] https://techcrunch.com/2025/10/18/whatssapp-changes-its-terms-to-bar-general-purpose-chatbots-from-its-platform/
Analisis Ahli
Andrew Ng
"Langkah Meta memastikan bahwa penggunaan AI di platform media sosial menjaga fokus pada kebutuhan bisnis dan pelanggan, bukan sekadar distribusi chatbot yang dapat menurunkan kualitas layanan dan pengalaman pengguna."
Fei-Fei Li
"Memprioritaskan layanan pelanggan daripada chatbot general-purpose adalah keputusan yang tepat untuk menjaga integritas komunikasi di aplikasi besar seperti WhatsApp, tetapi harus diimbangi dengan inovasi AI yang tetap bisa memberikan nilai tambah."
Analisis Kami
"Langkah Meta ini sangat strategis untuk menjaga kestabilan sistem dan model bisnis mereka di WhatsApp, sekaligus menghindari gangguan dari chatbot yang menghasilkan volume pesan masif tanpa pendapatan yang sepadan. Namun, ini juga bisa menghambat inovasi dan diversifikasi layanan AI di platform WhatsApp, yang berpotensi membuka ruang bagi kompetitor menawarkan solusi chatbot di platform lain."
Prediksi Kami
Ke depan, perusahaan yang mengandalkan chatbot umum di WhatsApp harus mencari platform alternatif atau memfokuskan AI-nya pada fungsi layanan pelanggan agar tetap bisa menggunakan WhatsApp Business API.
Pertanyaan Terkait
Q
Apa perubahan kebijakan terbaru yang dilakukan oleh WhatsApp terkait API bisnis?A
WhatsApp mengubah kebijakan API bisnisnya untuk melarang chatbot umum di platformnya.Q
Apa yang akan dilarang oleh WhatsApp mulai 15 Januari 2026?A
WhatsApp akan melarang penyedia model AI untuk mendistribusikan asisten AI mereka di WhatsApp.Q
Mengapa WhatsApp melarang chatbot umum di platformnya?A
WhatsApp melarang chatbot umum karena penggunaan yang tidak terduga yang membebani sistem mereka dan tidak sesuai dengan desain API yang dimaksudkan.Q
Siapa saja yang terpengaruh oleh perubahan kebijakan ini?A
Perubahan kebijakan ini akan mempengaruhi asistensi berbasis WhatsApp dari perusahaan seperti OpenAI dan Perplexity.Q
Apa alasan WhatsApp untuk fokus pada layanan pelanggan dan bukan distribusi chatbot?A
WhatsApp ingin fokus pada layanan pelanggan untuk bisnis dan bukan sebagai platform untuk distribusi chatbot.