Courtesy of TechCrunch
Perusahaan pengiriman makanan yang berbasis di Belanda, Just Eat Takeaway.com, mengumumkan bahwa mereka akan menjual bisnis Grubhub di AS kepada Wonder Group yang berbasis di New York dengan nilai transaksi sebesar Rp 10.69 triliun ($650 juta) . Ini adalah penurunan yang signifikan dari Rp 120.05 triliun ($7,3 miliar) yang dibayarkan Just Eat Takeaway untuk Grubhub hanya empat tahun lalu. Penjualan ini diharapkan selesai pada kuartal pertama tahun 2025, dan Grubhub diperkirakan akan mendapatkan hasil bersih sebesar Rp 822.25 miliar ($50 juta) . Wonder, yang awalnya merupakan bisnis pengiriman makanan, kini berfokus pada restoran yang berorientasi pengiriman di New York dan Philadelphia, dan akan mengambil alih utang Grubhub sebesar Rp 8.22 triliun ($500 juta) .
Baca juga: BDL mengatakan tawaran Prosus untuk Just Eat Takeaway tidak adil bagi pemegang saham minoritas.
Penjualan ini terjadi karena pengiriman makanan dan belanjaan menjadi semakin tidak menguntungkan setelah lonjakan permintaan selama pandemi COVID-19. Banyak perusahaan yang berinvestasi besar-besaran dalam model pengiriman ini kini menghadapi kesulitan. Just Eat Takeaway telah berusaha menjual Grubhub selama beberapa tahun untuk fokus pada profitabilitas. CEO Just Eat Takeaway, Jitse Groen, mengatakan bahwa penjualan ini akan meningkatkan kemampuan perusahaan untuk menghasilkan uang dan mempercepat pertumbuhan mereka. Sementara itu, CEO Wonder, Marc Lore, menyatakan bahwa mereka ingin menciptakan aplikasi super untuk pengiriman makanan melalui akuisisi ini.