
Courtesy of CNBCIndonesia
Harbolnas 12.12 Siap Dongkrak Produk Lokal dan UMKM Meski Daya Beli Turun
Menginformasikan persiapan dan harapan pelaksanaan Harbolnas 12.12 2025 yang akan menjadi ajang peningkatan transaksi belanja online dengan fokus khusus pada produk lokal dan UMKM, meskipun ada tantangan penurunan daya beli masyarakat.
09 Des 2025, 19.10 WIB
113 dibaca
Share
Ikhtisar 15 Detik
- Harbolnas 2025 akan melibatkan lebih dari 1.300 UMKM dengan fokus pada produk lokal.
- Fashion, kecantikan, otomotif, dan elektronik adalah kategori produk yang paling dicari selama Harbolnas.
- Daya beli masyarakat mengalami fluktuasi, namun e-commerce tetap dominan dan Harbolnas diharapkan dapat meningkatkan transaksi.
Jakarta, Indonesia - Hari Belanja Online Nasional atau Harbolnas 12.12 akan digelar pada 10-16 Desember 2025, melibatkan lebih dari 1.300 Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Acara ini diharapkan bisa membawa naik transaksi belanja daring serta mendongkrak perekonomian melalui diskon besar dan promosi khusus pada produk-produk lokal.
Produk yang paling diminati oleh masyarakat selama Harbolnas adalah fashion, skincare, otomotif, dan elektronik. Hal ini berdasarkan pengamatan Ketua Umum Asosiasi Ecommerce Indonesia (idEA), Hilmi Adrianto, yang menegaskan bahwa kategori ini selalu menjadi favorit sepanjang gelaran belanja online.
Meskipun daya beli masyarakat sedang mengalami penurunan dalam beberapa periode, e-commerce masih menunjukkan dominasi yang kuat dalam aktivitas belanja. Ini jadi peluang yang bagus untuk mendorong transaksi dan memberikan manfaat ekonomi bagi pelaku bisnis daring, terutama UMKM lokal.
Transaksi dalam Harbolnas tahun ini diperkirakan meraih angka Rp 35 triliun, meningkat dibandingkan tahun sebelumnya. Pemerintah dan pihak terkait telah menyiapkan mekanisme agar produk UMKM lokal bisa lebih banyak terekspos dan dipilih konsumen secara luas selama periode belanja online ini.
Fokus promosi produk lokal diharapkan bisa mendorong masyarakat untuk memilih barang-barang produksi dalam negeri sebagai pilihan utama. Dengan semangat ini, Harbolnas 2025 bukan hanya sekedar ajang diskon, tapi juga momentum penguatan produk lokal di pasar digital nasional.
Referensi:
[1] https://www.cnbcindonesia.com/tech/20251209162727-37-692599/3-barang-yang-dijamin-laris-manis-di-pesta-diskon-ecommerce-harbolnas
[1] https://www.cnbcindonesia.com/tech/20251209162727-37-692599/3-barang-yang-dijamin-laris-manis-di-pesta-diskon-ecommerce-harbolnas
Analisis Ahli
Hilmi Adrianto
"Penurunan daya beli memang terjadi, namun e-commerce tetap menjadi penggerak utama pasar dan produk lokal akan menjadi fokus utama promosi."
Arnanto Nurprabowo
"Mekanisme yang diterapkan akan meningkatkan transaksi produk UMKM lokal, mendukung pertumbuhan di kuartal terakhir 2025."
Analisis Kami
"Harbolnas yang mengedepankan produk lokal dan UMKM adalah momentum cerdas untuk menggerakkan ekonomi digital nasional di tengah tantangan daya beli. Jika strategi promosi dan kolaborasi antara platform e-commerce dan UMKM terus diperkuat, maka pertumbuhan sektor ini akan lebih berkelanjutan dan inklusif."
Prediksi Kami
Harbolnas 12.12 2025 akan memacu peningkatan transaksi belanja produk lokal dan UMKM, sehingga memperkuat posisi mereka di pasar e-commerce meskipun kondisi daya beli masyarakat sedang menantang.





