ManaMind: AI Mandiri Uji Game Pakai Audio dan Visual Tanpa Coding
Courtesy of Forbes

ManaMind: AI Mandiri Uji Game Pakai Audio dan Visual Tanpa Coding

Menyajikan bagaimana startup ManaMind menggunakan agen AI yang bekerja secara mandiri berdasarkan audio dan video untuk mengotomatisasi pengujian kualitas game, sehingga membantu industri game mengurangi beban kerja manual, biaya tinggi, dan meningkatkan fleksibilitas tanpa ketergantungan pada akses engine.

17 Nov 2025, 19.00 WIB
126 dibaca
Share
Ikhtisar 15 Detik
  • AI memiliki potensi untuk mengubah cara pengujian permainan dilakukan dengan mengotomatiskan tugas yang repetitif.
  • Pendiri ManaMind memiliki pengalaman langsung dalam QA, yang mendorong mereka untuk menciptakan solusi yang lebih efisien.
  • Industri permainan memberikan lingkungan yang ideal untuk pengembangan agen AI karena kompleksitas dan interaktivitasnya.
London, Inggris - Industri permainan video saat ini menghadapi tekanan besar untuk menjual produk yang bebas dari kesalahan seperti quest rusak atau crash menu, namun pengujian manual untuk memastikan kualitas sangat membosankan, mahal, dan memakan waktu. Banyak studio menghabiskan hingga 12% dari anggaran produksi hanya untuk QA, sementara alat skrip yang ada tidak fleksibel dan hanya khusus untuk engine tertentu.
Sebuah startup di London bernama ManaMind meluncurkan solusi inovatif yaitu agen-agen AI yang dapat bermain dan menguji game menggunakan sensor audio dan video seperti manusia tanpa perlu akses ke kode sumber atau engine game. Dengan cara ini, teknologi mereka bisa diaplikasikan di berbagai genre dan platform tanpa modifikasi besar.
Pendiri ManaMind, Emil Kostadinov, punya pengalaman langsung sebagai penguji game manual yang sering melakukan tugas beliulang yang melelahkan dan membosankan. Bersama CTO Sabtain Ahmad yang ahli di bidang pembelajaran mesin dan model bahasa visual, mereka membangun platform dengan model persepsi khusus yang lebih unggul dari sistem AI besar seperti OpenAI dan Google dalam mendeteksi bug game.
Platform ini sudah diuji coba dengan beberapa studio besar termasuk THQ Nordic dan bisa berjalan secara engine agnostik serta menghasilkan laporan lengkap yang bisa diintegrasikan dalam alur kerja QA yang sudah ada. Salah satu demo menunjukkan agen tersebut mampu mengadaptasi sendiri metode pengujian tanpa instruksi eksplisit, misalnya memverifikasi fitur vertical sync di dalam gameplay sebelum kembali ke menu.
ManaMind berencana untuk mengembangkan teknologi ini tidak hanya di industri game, tapi juga software testing secara umum dan kemungkinan robotika di masa depan. Visi mereka adalah menghilangkan pekerjaan repetitif dan membosankan agar pengembang bisa fokus menciptakan inovasi baru daripada memperbaiki kerusakan lewat pekerjaan manual.
Referensi:
[1] https://www.forbes.com/sites/charliefink/2025/11/17/manamind-introduces-game-playing-ai-to-test-titles-in-production/

Analisis Ahli

Daniel Dippold
"Metode ManaMind adalah evolusi dari AI game testing, memberikan nilai komersial nyata dibandingkan prototip riset yang ada."
Imti Basharat
"Kemampuan agen AI beroperasi di lingkungan digital yang tidak dikenal membuka potensi besar untuk ekspansi ke testing perangkat lunak dan penggunaan robotik secara umum."

Analisis Kami

"Pendekatan ManaMind sangat revolusioner karena meniru cara manusia bermain game melalui persepsi audio dan visual, bukan dengan akses kode, yang memungkinkan fleksibilitas tinggi dan adaptasi lintas platform. Ini menandai langkah penting menuju otomatisasi QA yang benar-benar pintar, yang berpotensi mengubah seluruh industri pengembangan game dan perangkat lunak."

Prediksi Kami

Dalam beberapa tahun ke depan, penggunaan agen AI berbasis penglihatan dan pendengaran akan semakin meluas di industri game dan perangkat lunak lain, menggantikan metode QA manual dan skrip yang terbatas serta membuka jalan bagi otomatisasi kompleks yang lebih fleksibel di berbagai sektor teknologi.

Pertanyaan Terkait

Q
Apa yang dilakukan oleh ManaMind?
A
ManaMind mengembangkan platform pengujian permainan menggunakan agen otonom yang bekerja berdasarkan video dan audio.
Q
Siapa pendiri ManaMind dan apa latar belakangnya?
A
Pendiri ManaMind adalah Emil Kostadinov, yang sebelumnya bekerja sebagai penguji permainan dan memahami tantangan dalam industri ini.
Q
Mengapa pengujian kualitas permainan menjadi mahal dan sulit?
A
Pengujian kualitas permainan menjadi mahal karena kompleksitas permainan modern dan banyaknya tugas repetitif yang harus dilakukan.
Q
Apa pendekatan unik yang diambil oleh ManaMind dalam pengujian permainan?
A
ManaMind mengajarkan agen untuk berperilaku seperti penguji manusia dengan menggunakan hanya audio dan video, tanpa memerlukan akses ke kode atau engine.
Q
Apa rencana jangka panjang ManaMind setelah fokus pada industri permainan?
A
Rencana jangka panjang ManaMind adalah mengembangkan teknologi mereka untuk mendukung pengujian perangkat lunak umum dan akhirnya untuk robotika.