Adaptasi Strategis Organisasi Kesehatan di Tengah Perubahan Kebijakan dan Teknologi 2026
Courtesy of Forbes

Adaptasi Strategis Organisasi Kesehatan di Tengah Perubahan Kebijakan dan Teknologi 2026

Mendorong organisasi pelayanan kesehatan untuk menyesuaikan strategi dalam menghadapi perubahan kebijakan dan perkembangan teknologi agar dapat tetap bertanggung jawab secara finansial sekaligus memberikan pengalaman yang lebih baik bagi pelanggan dan staf.

24 Nov 2025, 21.00 WIB
26 dibaca
Share
Ikhtisar 15 Detik
  • Organisasi kesehatan perlu beradaptasi untuk tetap bertahan di tengah perubahan kebijakan dan teknologi.
  • Kepercayaan pelanggan adalah faktor kunci yang harus dibangun kembali oleh organisasi kesehatan.
  • Inovasi dalam kesehatan digital dapat menawarkan peluang baru bagi organisasi yang berani mengambil risiko.
Amerika Serikat - Pada tahun 2025, industri kesehatan mengalami berbagai gejolak seperti ketidakpastian dalam kebijakan kredit pajak premi dan perpecahan kebijakan vaksin. Inovasi digital berkembang pesat, tapi di saat yang sama kepercayaan pelanggan dan pengalaman layanan menurun sehingga mendorong kebutuhan perubahan prioritas oleh para pelaku industri.
Berbagai tekanan tersebut membuat organisasi pelayanan kesehatan harus memikirkan kembali cara mereka mengelola teknologi baru terutama kecerdasan buatan (AI) dan hubungan dengan vendor, sambil juga mempertimbangkan biaya dan cara layanan disampaikan agar tetap efektif dan efisien.
Melangkah ke tahun 2026, masih terdapat tantangan besar seperti ketidakpastian kebijakan yang terus berlanjut, risiko yang belum terkendali dari penggunaan AI, konsentrasi pasar yang meningkat, serta rasa frustrasi konsumen yang makin mendalam terhadap layanan kesehatan.
Organisasi kesehatan yang mampu beradaptasi secara strategis dengan situasi ini akan memiliki peluang untuk menonjol dan memperkuat posisinya. Mereka harus mengedepankan tanggung jawab fiskal sambil meningkatkan pengalaman pelanggan dan tenaga kerja agar dapat bertahan dan tumbuh di tengah gangguan besar.
Prakiraan ini mengajak semua pemangku kepentingan di industri kesehatan untuk bersiap dan mengambil langkah berani yang tidak hanya fokus pada teknologi dan kebijakan, tetapi juga pada pembangunan kembali kepercayaan dan kesejahteraan semua pihak yang terkait.
Referensi:
[1] https://www.forbes.com/sites/forrester/2025/11/24/ais-role-in-shaping-healthcare-systems-in-2026/

Analisis Ahli

Shannon Germain Farraher
"Strategi adaptasi menjadi kunci utama bagi semua pelaku di industri kesehatan untuk bertahan sekaligus berkembang di tengah perubahan besar yang terus berlangsung."
Arielle Trzcinski
"Transformasi digital dan kebijakan yang berubah dengan cepat menuntut kemampuan organisasi dalam mengelola AI dan kemitraan vendor agar tetap kompetitif dan dipercaya."

Analisis Kami

"Perkembangan teknologi dan kebijakan yang tidak stabil mengharuskan organisasi kesehatan tidak hanya reaktif tapi juga proaktif dalam inovasi dan tata kelola risiko. Tanpa kontrol ketat atas AI dan fokus pada pengalaman pelanggan, keretakan kepercayaan bisa semakin dalam, memperburuk akses layanan kesehatan."

Prediksi Kami

Pada tahun 2026, organisasi kesehatan yang mampu beradaptasi secara strategis dengan turbulensi kebijakan dan kemajuan teknologi digital akan berhasil membedakan diri dan memperoleh keunggulan kompetitif di pasar.

Pertanyaan Terkait

Q
Apa yang menjadi tantangan utama bagi organisasi kesehatan di tahun 2026?
A
Tantangan utama bagi organisasi kesehatan di tahun 2026 termasuk perubahan kebijakan yang tidak menentu, akses perawatan yang menurun, dan risiko terkait AI.
Q
Mengapa kepercayaan pelanggan menjadi isu penting dalam industri kesehatan?
A
Kepercayaan pelanggan penting karena erosi kepercayaan dapat mempengaruhi kualitas pengalaman yang diterima oleh pasien dan pengguna layanan kesehatan.
Q
Apa peran teknologi AI dalam perubahan di industri kesehatan?
A
Teknologi AI berperan dalam meningkatkan efisiensi dan inovasi dalam pelayanan kesehatan, tetapi juga membawa risiko yang harus dikelola.
Q
Bagaimana organisasi kesehatan dapat beradaptasi dengan kebijakan baru?
A
Organisasi kesehatan dapat beradaptasi dengan kebijakan baru melalui penyesuaian strategi dan peningkatan pengalaman pelanggan.
Q
Siapa penulis artikel ini dan apa perannya di Forrester?
A
Penulis artikel ini adalah Shannon Germain Farraher dan Arielle Trzcinski, yang merupakan analis di Forrester.