Perusahaan Cina Kuasai Proyek Mobil Otonom Lewat Dukungan Pemerintah Besar
Courtesy of SCMP

Perusahaan Cina Kuasai Proyek Mobil Otonom Lewat Dukungan Pemerintah Besar

Artikel ini bertujuan menunjukkan bahwa perusahaan kendaraan otonom Cina kini mendominasi dalam hal jumlah proyek yang mencapai tahap komersialisasi di berbagai negara, dan menekankan perbedaan pendekatan antara pasar yang dipimpin pemerintah di Cina dan pasar yang lebih berbasis pasar di Amerika Serikat. Hal ini penting untuk memahami persaingan global dalam teknologi kendaraan otonom yang strategis dan masa depan mobilitas.

27 Okt 2025, 10.27 WIB
77 dibaca
Share
Ikhtisar 15 Detik
  • Perusahaan mobil otonom China seperti Baidu dan WeRide sedang memperluas operasi mereka di pasar internasional.
  • Pendekatan pengembangan mobil otonom di China didorong oleh strategi pemerintah yang kuat.
  • Kompetisi antara perusahaan mobil otonom AS dan China semakin ketat, dengan masing-masing memiliki kelebihan dan tantangan tersendiri.
Dubai, United Arab Emirates; Abu Dhabi, United Arab Emirates; Singapura, Singapura; Jerman, Jerman; Inggris, Inggris - Perusahaan-perusahaan China seperti Baidu dengan Apollo Go, WeRide, dan Pony.ai kini memimpin dalam jumlah proyek robotaxi yang memasuki berbagai tahap komersialisasi. Meskipun Amerika Serikat seperti Waymo dari Alphabet mendapat perhatian besar, terutama dengan penerapan kendaraan otonom di wilayah AS, perusahaan China menunjukkan kecepatan dan ekspansi yang signifikan baik di dalam negeri maupun global.
Saat ini, perusahaan China tidak hanya beroperasi dalam negeri, mereka juga membuka cabang di negara-negara seperti Dubai, Abu Dhabi, dan Singapura. Selain itu, mereka juga berupaya meluncurkan layanan di Eropa, termasuk Jerman dan Inggris, menandakan ambisi mereka dalam menguasai pasar global kendaraan otonom.
Perbandingan antara perusahaan kendaraan otonom ini sulit dilakukan karena banyaknya kegagalan dan janji yang tidak terealisasi dalam sejarah industri ini. Beberapa perusahaan yang sempat menjanjikan dan memiliki valuasi tinggi mengalami kemunduran akibat kecelakaan fatal atau hilangnya dukungan finansial dari investor.
Pemerintah China memberikan dukungan besar dengan pendanaan dan kebijakan untuk menjadikan teknologi kendaraan otonom sebagai sektor strategis. Ini mengulangi pola yang sama dengan kesuksesan mereka di industri kendaraan listrik, dimana China menjadi pemimpin dunia berkat investasi besar dan strategi jangka panjang.
Meskipun konsensus teknologi saat ini belum terlalu mumpuni untuk beroperasi di kondisi cuaca buruk seperti salju deras, Beijing sudah menetapkan target agar China menjadi pemimpin dunia dalam teknologi kendaraan otonom menjelang 2035, menunjukkan ambisi dan komitmen besar yang mempengaruhi perkembangan industri secara global.
Referensi:
[1] https://www.scmp.com/tech/tech-trends/article/3330415/chinese-robotaxis-race-waymo-take-driverless-cars-global?module=top_story&pgtype=section

Analisis Ahli

Weisong Shi
"Teknologi kendaraan otonom sulit untuk membandingkan siapa yang paling unggul sekarang karena semua masih belum mampu beroperasi optimal dalam kondisi sulit seperti salju berat. Pendekatan pemerintah Cina mempercepat pengembangan tapi teknologi inti masih harus diperbaiki."

Analisis Kami

"Kekuatan pemerintah Cina dalam menetapkan arah dan mendanai riset teknologi kendaraan otonom memberikan mereka keuntungan strategis yang sulit disaingi oleh perusahaan AS yang lebih mengandalkan mekanisme pasar. Namun, teknologi masih perlu berkembang terutama dalam kondisi lingkungan yang sulit seperti salju lebat, sehingga persaingan global masih terbuka lebar dan menarik untuk diikuti."

Prediksi Kami

Dalam beberapa tahun mendatang, perusahaan kendaraan otonom Cina akan terus memperluas jangkauan pasar global mereka, berkompetisi ketat dengan perusahaan Amerika dan kemungkinan menjadi pemimpin global di teknologi mobil otonom berkat dukungan pemerintah dan keunggulan pada ekosistem kendaraan listrik.

Pertanyaan Terkait

Q
Apa yang menjadi fokus utama artikel ini?
A
Artikel ini membahas tentang kemajuan perusahaan mobil otonom di China dibandingkan dengan perusahaan AS.
Q
Siapa saja perusahaan mobil otonom yang disebutkan dalam artikel?
A
Perusahaan yang disebutkan antara lain Baidu, WeRide, Pony.ai, dan Waymo.
Q
Apa perbedaan antara pendekatan China dan AS terhadap pengembangan mobil otonom?
A
Pendekatan China lebih didorong oleh pemerintah, sementara AS lebih dipengaruhi oleh pasar.
Q
Apa ambisi pemerintah China terkait mobil otonom?
A
Pemerintah China berambisi untuk menjadi pemimpin dunia dalam kendaraan otonom pada tahun 2035.
Q
Mengapa proyek robotaxi di China lebih banyak dibandingkan di AS?
A
Proyek robotaxi di China lebih banyak karena dukungan pemerintah dan investasi besar di sektor ini.