Prancis Luncurkan Jalan Tol Pertama dengan Pengisian Dinamis Kendaraan Listrik
Courtesy of InterestingEngineering

Prancis Luncurkan Jalan Tol Pertama dengan Pengisian Dinamis Kendaraan Listrik

Menghadirkan sistem pengisian baterai nirkabel dinamis untuk kendaraan listrik di jalan tol agar kendaraan dapat mengisi daya saat berjalan, mengurangi kebutuhan baterai besar, mempercepat elektrifikasi armada berat, dan menurunkan emisi gas rumah kaca untuk mendukung keberlanjutan transportasi.

25 Okt 2025, 00.17 WIB
163 dibaca
Share
Ikhtisar 15 Detik
  • Proyek ini adalah langkah penting menuju transportasi berkelanjutan dengan pengisian kendaraan listrik saat bergerak.
  • Teknologi pengisian dinamis dapat mengurangi ukuran dan berat baterai kendaraan berat, yang berdampak positif pada efisiensi biaya dan lingkungan.
  • Pengembangan infrastruktur ini dapat menciptakan peluang industri dan mengurangi ketergantungan pada bahan baku yang diimpor.
Prancis - Prancis telah meluncurkan inovasi besar dalam transportasi berkelanjutan dengan menghadirkan teknologi pengisian baterai dinamis nirkabel pertama di dunia pada jalan tol A10. Sistem ini memungkinkan kendaraan listrik mengisi daya secara otomatis saat melaju tanpa perlu berhenti mengisi baterai. Dengan begitu, waktu pengisian dapat dihemat, dan kendaraan dapat menggunakan baterai yang lebih kecil dan ringan.
Proyek yang dipimpin oleh VINCI Autoroutes dan beberapa mitra lainnya ini telah memasang koil induktif sepanjang 1,5 kilometer di bawah permukaan jalan. Berbagai jenis kendaraan seperti truk berat, bus, dan mobil penumpang telah diuji melewati sistem ini untuk mengukur performa dan keandalan di kondisi lalu lintas sehari-hari. Hasil awal menunjukkan daya pengisian yang sangat tinggi hingga lebih dari 300 kW pada puncaknya.
Teknologi ini bekerja dengan menggunakan medan magnet yang dihasilkan oleh koil di jalan dan diterima oleh koil di kendaraan sehingga arus listrik dapat ditransfer secara efisien. Hal ini berbeda dari pengisian statis konvensional yang mengharuskan kendaraan berhenti dan menyambungkan kabel. Dengan teknologi pengisian dinamis ini, kendaraan bisa terus bergerak sekaligus mengisi daya.
Manfaat teknologi ini sangat besar, terutama untuk kendaraan berat yang membutuhkan baterai besar dan pengisian cepat. Dengan pengisian dinamis, kendaraan tidak perlu membawa baterai seberat sebelumnya, yang mengurangi penggunaan bahan baku langka dan memperbesar kapasitas angkut. Selain itu, teknologi ini juga dapat mendukung upaya pengurangan emisi karbon di industri logistik dan transportasi.
Meskipun masih terdapat tantangan seperti biaya infrastruktur, integrasi dengan jaringan listrik, dan mekanisme pembayaran pengisian daya, proyek ini merupakan langkah awal yang berpotensi mengubah wajah transportasi di Prancis, Eropa, dan dunia. Jika berhasil, teknologi ini akan menjadi standar baru dalam elektrifikasi kendaraan berat dan mempercepat transisi energi bersih.
Referensi:
[1] https://interestingengineering.com/transportation/motorway-that-charges-evs-begins-trial-france

Analisis Ahli

Nicolas Notebaert
"Teknologi ini akan mempercepat elektrifikasi armada berat dan menurunkan emisi gas rumah kaca secara signifikan."
Oren Ezer
"Sistem kami satu-satunya yang mampu mengirim daya dinamis dengan keandalan tinggi tanpa pesaing yang dapat menyamai standar kami."

Analisis Kami

"Sistem pengisian nirkabel dinamis ini adalah terobosan teknologi penting yang bisa merubah paradigma kendaraan listrik dengan menghilangkan kebutuhan berhenti untuk isi daya. Namun, tantangan besar masih terdapat pada skalabilitas biaya dan integrasi dengan infrastruktur eksisting yang harus mendapat perhatian serius agar teknologi ini tidak sekadar menjadi pilot project saja."

Prediksi Kami

Jika uji coba ini terbukti berhasil dalam hal keandalan, efisiensi biaya, dan integrasi jaringan listrik, maka sistem pengisian nirkabel dinamis dapat diadopsi secara luas di Eropa dan global, merevolusi cara kendaraan listrik diisi dan mendorong elektrifikasi transportasi berat secara masif.

Pertanyaan Terkait

Q
Apa itu proyek pengisian dinamis yang diluncurkan di Prancis?
A
Proyek pengisian dinamis adalah inisiatif untuk mengizinkan kendaraan listrik mengisi daya saat bergerak di jalan tol A10 di Prancis.
Q
Bagaimana cara kerja teknologi pengisian dinamis ini?
A
Teknologi pengisian dinamis bekerja dengan menggunakan kumparan yang tertanam di bawah permukaan jalan untuk menginduksi arus listrik ke dalam kendaraan yang dilengkapi kumparan penerima.
Q
Apa tujuan dari proyek Charge as you drive?
A
Tujuan dari proyek Charge as you drive adalah mempercepat elektrifikasi armada kendaraan berat dan mengurangi emisi gas rumah kaca dari sektor logistik.
Q
Negara mana saja yang juga sedang mengembangkan sistem jalan listrik?
A
Negara-negara lain seperti Jerman, Italia, Swedia, dan beberapa negara di AS, China, dan Korea Selatan juga mengembangkan sistem jalan listrik.
Q
Mengapa pengisian dinamis penting untuk keberlanjutan transportasi?
A
Pengisian dinamis penting karena dapat mengurangi ketergantungan pada baterai besar dan meningkatkan efisiensi serta keberlanjutan dalam transportasi.