Cara Mudah Memprioritaskan The Verge di Hasil Pencarian Google Kamu - image 1
Cara Mudah Memprioritaskan The Verge di Hasil Pencarian Google Kamu - image 2

Cara Mudah Memprioritaskan The Verge di Hasil Pencarian Google Kamu

Memberikan pengguna cara untuk mempersonalisasi hasil pencarian Google dengan memilih sumber berita favorit seperti The Verge agar konten yang relevan dari sumber tersebut lebih diprioritaskan, sehingga pengguna tetap bisa mendapatkan berita yang berkualitas di tengah perubahan algoritma Google.

23 Sep 2025, 23.38 WIB
315 dibaca
Share
Ikhtisar 15 Detik
  • Google telah mengubah cara penyajian hasil pencarian, mengurangi tautan biru standar.
  • Pengguna kini bisa memilih sumber berita yang mereka inginkan di hasil pencarian Google.
  • Tantangan bagi penerbit berita adalah beradaptasi dengan algoritma yang terus berubah dan preferensi merek yang lebih besar.
tidak disebutkan - Tahun terakhir membawa perubahan besar pada hasil pencarian Google yang membuat tampilan link biru standar semakin berkurang dan digantikan oleh video, postingan sosial, serta hasil dari AI. Perubahan ini membuat penerbit berita seperti The Verge semakin sulit menjangkau pembaca.
Untuk memberikan kamu kontrol lebih atas hasil pencarian, Google kini memungkinkan pengguna untuk memilih sumber berita favorit, termasuk The Verge, agar konten dari sumber tersebut lebih sering muncul di carousel berita utama.
Selain itu, kamu juga bisa mengikuti The Verge di feed Discover di aplikasi Google, sehingga konten dari The Verge akan lebih diprioritaskan dan mudah diakses melalui layar utama Google.
Google memang sedang bereksperimen dengan berbagai fitur baru di hasil pencarian, tetapi personalisasi sumber berita adalah langkah positif yang memungkinkan pengguna mendapatkan berita relevan dan berkualitas sesuai kebutuhan mereka.
Dengan perubahan ini, pengguna diharapkan lebih aktif untuk menentukan sumber informasi yang mereka percaya agar pengalaman pencarian tetap bermanfaat di tengah perubahan algoritma Google yang dinamis.
Referensi:
[1] https://theverge.com/tech/782887/how-to-the-verge-google-search-results

Analisis Ahli

Rand Fishkin
"Fitur personalisasi ini adalah respons yang tepat dari Google untuk memberikan kendali lebih besar kepada pengguna dan membangun ekosistem pencarian yang lebih sehat dan berimbang."

Analisis Kami

"Langkah Google memberi opsi memilih sumber favorit sebenarnya adalah pengakuan atas semakin kompleksnya lanskap pencarian yang didominasi oleh konten multimedia dan AI. Jika tidak diimbangi dengan transparansi dan kontrol pengguna, perubahan ini justru memperburuk masalah misinformasi dan kesulitan bagi penerbit berita untuk bertahan."

Prediksi Kami

Google kemungkinan akan terus melakukan eksperimen dan perubahan algoritma yang bisa semakin memperkaya atau sekaligus membingungkan hasil pencarian, sehingga pengguna perlu makin aktif melakukan personalisasi agar mendapat informasi yang relevan dan terpercaya.

Pertanyaan Terkait

Q
Apa perubahan besar yang terjadi pada halaman hasil pencarian Google?
A
Perubahan besar pada halaman hasil pencarian Google termasuk peningkatan tampilan video, pos sosial, dan AI Overview, mengurangi jumlah tautan biru standar.
Q
Bagaimana cara mengutamakan The Verge di hasil pencarian Google?
A
Pengguna dapat mengutamakan The Verge dengan mengklik tautan yang disediakan dan mencentang kotak untuk memilih The Verge sebagai sumber berita yang diinginkan.
Q
Mengapa Google mengizinkan pengguna untuk menyesuaikan sumber berita?
A
Google mengizinkan pengguna untuk menyesuaikan sumber berita agar mereka bisa mendapatkan informasi dari sumber yang mereka percayai dan sukai.
Q
Apa tantangan yang dihadapi penerbit berita besar saat ini?
A
Penerbit berita besar kesulitan menjangkau pembaca karena algoritma Google lebih memilih merek yang lebih dikenal, sementara Reddit dan sumber lain semakin mendominasi hasil pencarian.
Q
Apa yang diharapkan oleh The Verge dari pembaca mereka?
A
The Verge berharap pembaca akan memilih mereka sebagai sumber berita yang diutamakan dan mengikuti mereka di Discover.