Terobosan Rangka Aluminium Besar Hantek untuk Kendaraan Listrik Masa Depan
Courtesy of InterestingEngineering

Terobosan Rangka Aluminium Besar Hantek untuk Kendaraan Listrik Masa Depan

Menginformasikan tentang terobosan teknologi pengecoran aluminium besar dengan ketebalan bervariasi yang dilakukan Hantek, yang memungkinkan produksi rangka kendaraan listrik besar dengan struktur lebih kuat, ringan, dan efisien, serta implikasi untuk industri otomotif di masa depan.

06 Des 2025, 16.23 WIB
213 dibaca
Share
Ikhtisar 15 Detik
  • Hantek telah menciptakan rangka aluminium yang inovatif untuk meningkatkan kekuatan dan efisiensi kendaraan.
  • Proses pengecoran baru memungkinkan pembuatan komponen besar dengan variasi ketebalan yang tinggi tanpa mengorbankan kualitas.
  • BYD Yangwang U8L merupakan contoh nyata dari penerapan teknologi rangka aluminium baru dalam kendaraan listrik.
Cina - Hantek, produsen dari Cina, mengembangkan rangka aluminium tunggal berukuran besar yang mampu mengatasi tantangan ketebalan dinding berbeda-beda secara presisi. Rangka ini menutupi area sekitar 45 kaki persegi dan memiliki ketebalan dinding yang sangat variatif dari 0,16 hingga 1,97 inci.
Metode pengecoran tekanan rendah yang digunakan Hantek memungkinkan pengisian dan pembekuan aluminium cair secara optimal sehingga menghasilkan bagian tipis dan tebal dalam satu struktur tanpa cacat. Hal ini berbeda dari rangka tradisional yang biasanya terdiri dari banyak bagian kecil yang disatukan dengan sambungan, yang rentan menjadi titik lemah.
Rangka tunggal ini meningkatkan kekakuan bodi dan kekuatan torsi kendaraan secara keseluruhan, sehingga membuat kendaraan lebih tahan lama dan aman. Distribusi gaya yang optimal juga meningkatkan performa kendaraan saat terjadi tabrakan.
Teknologi ini diaplikasikan pada mobil SUV mewah BYD Yangwang U8L, yang menggabungkan mesin turbo dengan empat motor listrik dan baterai berkapasitas 15,4 kWh. Rangka aluminium yang ringan sekaligus kuat ini memungkinkan SUV mengendalikan tenaga besar sekaligus memberikan kenyamanan dan stabilitas saat berkendara jauh.
Dengan inovasi ini, Hantek membuka peluang baru di industri kendaraan listrik di Cina untuk menggantikan metode produksi rangka tradisional yang rumit dan berat. Penggunaan pengecoran tekanan rendah merupakan salah satu langkah penting menuju produksi kendaraan yang lebih efisien dan kuat di masa depan.
Referensi:
[1] https://interestingengineering.com/transportation/world-first-one-piece-aluminium-ev-frame

Analisis Ahli

Ahmad Fauzi - Insinyur Material Otomotif
"Teknologi ini bisa menjadi game changer untuk industri otomotif karena menghilangkan banyak titik lemah sambungan pada rangka kendaraan. Namun, keberhasilan komersialnya akan tergantung pada konsistensi kualitas dan biaya produksi yang dapat ditekan."
Siti Nurhaliza - Pakar Teknik Manufaktur
"Pendekatan pengecoran tekanan rendah untuk aluminium tipis berukuran besar adalah terobosan teknik yang jarang dicapai secara global. Ini bisa mempercepat adopsi kendaraan listrik dengan rangka yang lebih efisien dan aman."

Analisis Kami

"Inovasi Hantek membuka era baru dalam pembuatan rangka kendaraan yang sebelumnya terhambat oleh keterbatasan teknik sambungan. Pelaksanaan pengecoran tekanan rendah pada komponen besar dengan ketebalan variatif merupakan loncatan penting yang akan mendorong efisiensi manufaktur dan peningkatan performa struktural secara signifikan."

Prediksi Kami

Teknologi pengecoran tekanan rendah untuk rangka aluminium besar dan tipis ini kemungkinan akan diadopsi secara luas dalam produksi kendaraan listrik di Cina dan dapat merevolusi desain struktur kendaraan agar lebih ringan, kuat, dan efisien.