Sistem Robotik Swiss Perpanjang Umur dan Daur Ulang Baterai EV Secara Efisien
Courtesy of InterestingEngineering

Sistem Robotik Swiss Perpanjang Umur dan Daur Ulang Baterai EV Secara Efisien

Mengembangkan sistem otomatis dan berbasis robot untuk mendaur ulang dan memperpanjang masa pakai baterai lithium-ion kendaraan listrik secara aman dan efisien, sehingga mendukung mobilitas berkelanjutan dan mengurangi ketergantungan pada bahan baku baru.

12 Nov 2025, 23.57 WIB
30 dibaca
Share
Ikhtisar 15 Detik
  • Proyek CircuBAT mengembangkan sistem robotik untuk meningkatkan efisiensi daur ulang baterai lithium-ion.
  • Baterai kendaraan listrik yang sudah tidak terpakai dapat digunakan kembali sebagai sistem penyimpanan energi stasioner.
  • Inisiatif ini berkontribusi pada model ekonomi sirkular yang mendukung keberlanjutan industri baterai di Swiss.
Biel/Bienne, Swiss - Para peneliti Swiss telah menciptakan sistem robotik inovatif yang memungkinkan baterai kendaraan listrik (EV) mendapatkan kehidupan kedua yang lebih panjang melalui daur ulang yang aman dan efisien. Sistem ini dikembangkan dalam proyek CircuBAT yang melibatkan banyak institusi dan perusahaan di Swiss, berfokus untuk mengoptimalkan setiap tahap siklus hidup baterai lithium-ion.
Baterai EV sulit untuk didaur ulang karena prosesnya yang kompleks dan berisiko, sehingga sering dianggap limbah setelah digunakan. Namun, limbah baterai ini diperkirakan akan melonjak hingga 8 juta ton pada tahun 2040, sehingga diperlukan teknologi baru agar baterai dapat didaur ulang secara aman dan ramah lingkungan.
Sistem robotik yang dirancang di Swiss Battery Technology Center menggunakan robot presisi untuk membongkar modul baterai dan memisahkan bahan mentah berkualitas tinggi dengan minimal kontak manual. Inovasi ini mengurangi risiko kecelakaan dan mempercepat proses daur ulang dibandingkan cara manual yang selama ini dilakukan.
Selain itu, mereka juga mengembangkan 'Battery Expert System' yang menganalisis pola keausan ribuan sel baterai untuk menentukan mana yang masih dapat diperbaiki atau digunakan kembali. Baterai yang sudah tidak layak dipakai di kendaraan bisa dimanfaatkan sebagai penyimpan energi cadangan untuk gedung atau sumber energi terbarukan.
Proyek ini juga menciptakan model ekonomi sirkular untuk baterai lithium-ion di Swiss dan meluncurkan beberapa teknologi yang dapat menekan konsumsi energi serta biaya produksi baterai. Inovasi ini membuka peluang bagi pasar baterai pakai kedua dan dapat membantu mengurangi ketergantungan pada bahan baku baru.
Referensi:
[1] https://interestingengineering.com/energy/ev-batteries-robotic-recycling

Analisis Ahli

Andrea Vezzini
"Solusi inovatif kami merupakan langkah pertama untuk menutup siklus hidup baterai dengan stasiun yang tersebar secara global, mendukung ekonomi sirkular dan keberlanjutan dalam mobilitas."

Analisis Kami

"Langkah ini menunjukkan kemajuan penting dalam mengatasi masalah besar yang selama ini menghambat pengelolaan baterai EV secara berkelanjutan. Namun, tantangan terbesar ke depan adalah memperluas teknologi ini secara global dan memastikan biaya produksinya kompetitif agar dapat diadopsi secara luas."

Prediksi Kami

Automasi daur ulang baterai EV menggunakan robot akan menjadi standar global sehingga mengurangi limbah baterai secara signifikan dan mempercepat adopsi kendaraan listrik yang lebih ramah lingkungan.

Pertanyaan Terkait

Q
Apa tujuan utama dari proyek CircuBAT?
A
Tujuan utama dari proyek CircuBAT adalah untuk menciptakan proses sirkular dalam penggunaan dan daur ulang baterai lithium-ion, sehingga dapat memperpanjang umur baterai dan mengurangi dampak lingkungan.
Q
Bagaimana sistem robotik yang dikembangkan dalam proyek ini membantu daur ulang baterai?
A
Sistem robotik yang dikembangkan mampu memisahkan modul baterai dan memulihkan material mentah berkualitas tinggi dengan perlakuan manual yang minimal, sehingga meningkatkan efisiensi daur ulang.
Q
Apa yang diharapkan dari penggunaan kembali baterai kendaraan listrik?
A
Penggunaan kembali baterai kendaraan listrik diharapkan dapat memberikan sumber energi cadangan untuk bangunan atau jaringan energi terbarukan, memperpanjang umur baterai yang sudah tidak terpakai.
Q
Siapa yang terlibat dalam proyek CircuBAT?
A
Proyek CircuBAT melibatkan tujuh lembaga penelitian Swiss dan 24 perusahaan yang bekerja sama untuk menjelajahi cara-cara baru dalam mengoptimalkan setiap tahap kehidupan baterai.
Q
Kapan konferensi penutup CircuBAT2025 akan diadakan?
A
Konferensi penutup CircuBAT2025 akan diadakan pada tanggal 13 dan 14 November di BERNEXPO Foyer.