WPP Luncurkan Platform AI Baru untuk Bantu Merek Kecil Buat Iklan Sendiri
Courtesy of YahooFinance

WPP Luncurkan Platform AI Baru untuk Bantu Merek Kecil Buat Iklan Sendiri

Memperkenalkan platform pemasaran bertenaga AI yang memungkinkan merek untuk merencanakan, membuat, dan menerbitkan kampanye pemasaran mereka secara mandiri, memperluas pasar WPP dan memberikan alat canggih kepada lebih banyak merek agar bisa bersaing di era AI.

23 Okt 2025, 21.01 WIB
129 dibaca
Share
Ikhtisar 15 Detik
  • WPP meluncurkan WPP Open Pro untuk memberikan akses kepada merek yang lebih kecil.
  • Cindy Rose menekankan pentingnya teknologi dalam transformasi industri pemasaran.
  • Platform ini dirancang untuk membantu merek dalam menciptakan iklan secara cepat dan efisien.
London, Inggris Raya - WPP, salah satu grup iklan terbesar di dunia, meluncurkan platform baru yang bernama WPP Open Pro. Platform ini memungkinkan perusahaan, terutama yang lebih kecil, untuk merencanakan sampai membuat iklan mereka sendiri menggunakan kecerdasan buatan (AI). Dengan cara ini, merek tidak harus bergantung sepenuhnya pada agensi.
Perubahan ini penting karena saat ini banyak merek mulai menggunakan AI untuk membuat kampanye mereka sendiri, sehingga pendapatan agen iklan mengalami tekanan. WPP mencoba mengatasi ini dengan menyediakan alat berbasis AI yang memudahkan klien dalam pembuatan iklan.
Platform ini bisa menghasilkan iklan yang sesuai dengan saluran tertentu hanya dalam beberapa detik. Contohnya, sebuah kedai kopi bisa menggunakan gambar dan isi konten yang sudah disetujui untuk membuat kampanye pembukaan toko yang baru dengan cepat dan mudah.
Setelah dibuat, iklan tersebut dapat diterbitkan lewat Open Media Studio milik WPP atau langsung ke berbagai platform besar. Ini memberikan fleksibilitas tinggi bagi merek untuk melakukan promosi dengan cepat tanpa harus melalui proses yang panjang.
Cindy Rose, CEO baru WPP, mengatakan bahwa teknologi saat ini mengubah bagaimana pemasaran dilakukan, dan platform AI ini adalah langkah penting untuk memperluas pasar dan memperkuat posisi WPP di era digital yang mengandalkan teknologi tinggi.
Referensi:
[1] https://finance.yahoo.com/news/wpp-cuts-agency-help-brands-140122700.html

Analisis Ahli

Martin Sorrell
"Inisiatif seperti WPP Open Pro akan menjadi kunci agar grup periklanan tetap kompetitif di era digital, karena merek menuntut kecepatan dan efisiensi dalam pemasaran."
Cindy Rose
"Mengedepankan teknologi AI bukan menggantikan kreativitas manusia, tetapi memberi alat baru yang memungkinkan jangkauan lebih luas dan pengalaman unik bagi pelanggan."

Analisis Kami

"WPP mengambil langkah strategis dengan membuka platform AI-nya untuk merek yang lebih kecil, yang akan membuat mereka tetap relevan di tengah perubahan industri yang cepat. Meski teknologi AI memudahkan proses kreatif, peran agensi tetap penting dalam memberikan sentuhan kreatif dan strategi yang mendalam."

Prediksi Kami

Penggunaan platform AI yang mudah diakses akan mengubah lanskap pemasaran dengan lebih banyak merek mengambil kendali kreatif sendiri, menurunkan sebagian peran tradisional agensi dan mempercepat integrasi teknologi AI dalam periklanan.

Pertanyaan Terkait

Q
Apa itu WPP Open Pro?
A
WPP Open Pro adalah edisi baru dari platform AI WPP yang memungkinkan merek untuk merencanakan, membuat, dan menerbitkan kampanye mereka sendiri.
Q
Siapa yang diangkat untuk memimpin WPP?
A
Cindy Rose diangkat untuk memimpin WPP setelah Mark Read.
Q
Mengapa WPP meluncurkan platform AI ini?
A
WPP meluncurkan platform AI ini untuk memberikan akses kepada merek yang lebih kecil dan menghadapi tantangan dari merek yang menggunakan AI untuk pekerjaan kreatif.
Q
Apa yang bisa dilakukan oleh platform WPP Open Pro?
A
Platform WPP Open Pro memungkinkan merek untuk membuat iklan spesifik saluran dalam hitungan detik.
Q
Siapa pesaing utama WPP saat ini?
A
Pesaing utama WPP saat ini adalah Publicis.