Toyota dan Sumitomo Siap Luncurkan Baterai Solid-State untuk EV 2027
Courtesy of InterestingEngineering

Toyota dan Sumitomo Siap Luncurkan Baterai Solid-State untuk EV 2027

Toyota bertujuan untuk meluncurkan kendaraan listrik bertenaga baterai all-solid-state pertama pada tahun 2027 yang menjanjikan performa lebih baik dari baterai lithium-ion saat ini, demi mengubah lanskap global EV dan memperkuat rantai pasokan domestik Jepang.

09 Okt 2025, 19.16 WIB
247 dibaca
Share
Ikhtisar 15 Detik
  • Toyota dan Sumitomo Metal Mining berkolaborasi untuk mengembangkan baterai padat yang lebih aman dan efisien.
  • Baterai padat berpotensi mengubah industri kendaraan listrik dengan jangkauan yang lebih panjang dan waktu pengisian yang lebih singkat.
  • Investasi Jepang dalam produksi baterai lokal bertujuan untuk mengurangi ketergantungan pada negara lain, seperti China dan Korea Selatan.
Jepang - Toyota Motor Corporation mengumumkan kemajuan penting dalam pengembangan baterai all-solid-state, yang dianggap sebagai terobosan besar bagi kendaraan listrik (EV). Baterai ini menggantikan elektrolit cair berbahaya dengan elektrolit padat, meningkatkan keamanan dan efektivitas energi.
Toyota bekerjasama dengan Sumitomo Metal Mining Co. dalam pengembangan material katoda tahan lama yang memungkinkan baterai solid-state bekerja lebih baik dibandingkan baterai lithium-ion biasa. Mereka berencana mulai memproduksi massal material ini pada tahun fiskal 2028 di Jepang.
Baterai solid-state menjanjikan ukuran baterai yang lebih kecil, output daya lebih tinggi, umur lebih panjang, serta waktu pengisian yang lebih cepat. Hal ini akan meningkatkan jarak tempuh dan performa kendaraan listrik secara signifikan.
Selain itu, Toyota juga bekerja sama dengan Idemitsu Kosan yang mengembangkan lithium sulfida sebagai bahan baku utama baterai. Ada rencana pabrik besar yang mampu memproduksi 1.000 ton lithium sulfida per tahun, dijadwalkan siap pada 2027.
Inisiatif ini juga merupakan bagian dari strategi Jepang untuk mengamankan rantai suplai baterai domestik serta mengurangi ketergantungan pada China dan Korea Selatan, dengan investasi sebesar 7 miliar dolar AS. Meski menghadapi tantangan produksi dan biaya, kemajuan ini menunjukkan momentum positif menuju komersialisasi baterai solid-state.
Referensi:
[1] https://interestingengineering.com/energy/toyota-evs-with-solid-state-batteries-2027

Analisis Ahli

Dr. Hiroshi Tanaka (Ahli Material Baterai, Universitas Tokyo)
"Perkembangan material katoda yang tahan lama sangat krusial dalam meningkatkan umur dan performa baterai solid-state, dan kolaborasi Toyota-Sumitomo menunjukkan pendekatan yang tepat untuk masalah ini."
Prof. Kenji Watanabe (Spesialis EV dan Energi Terbarukan)
"Meski secara teknologi baterai solid-state menjanjikan, pengaplikasian massal membutuhkan integrasi rantai pasokan yang matang dan pengurangan biaya manufaktur yang signifikan."

Analisis Kami

"Inovasi Toyota dan Sumitomo menandai langkah besar dalam pengembangan baterai EV yang lebih aman dan efisien, tetapi skala produksi dan harga tetap menjadi penghalang utama yang harus diatasi. Dukungan pemerintah Jepang sangat penting untuk mendorong industri ini agar tetap kompetitif di pasar global yang didominasi China dan Korea."

Prediksi Kami

Teknologi baterai solid-state akan mulai digunakan secara praktis di EV dalam beberapa tahun mendatang, namun adopsi massal akan berlangsung secara bertahap karena tantangan produksi dan biaya masih ada.

Pertanyaan Terkait

Q
Apa yang diumumkan oleh Toyota Motor Corporation terkait baterai padat?
A
Toyota Motor Corporation mengumumkan kemitraan dengan Sumitomo Metal Mining untuk memproduksi material katoda untuk baterai padat.
Q
Apa keuntungan dari baterai padat dibandingkan dengan baterai lithium-ion tradisional?
A
Baterai padat menawarkan kepadatan energi yang lebih tinggi, keamanan yang lebih baik, dan umur yang lebih lama dibandingkan baterai lithium-ion.
Q
Apa peran Sumitomo Metal Mining dalam pengembangan baterai padat?
A
Sumitomo Metal Mining berkolaborasi dengan Toyota untuk mengembangkan material katoda yang tahan lama untuk baterai padat.
Q
Kapan Toyota berencana meluncurkan kendaraan listrik pertama yang menggunakan baterai padat?
A
Toyota berencana untuk meluncurkan kendaraan listrik pertama yang menggunakan baterai padat pada tahun 2027.
Q
Apa tantangan yang dihadapi dalam adopsi massal baterai padat?
A
Tantangan dalam adopsi massal baterai padat termasuk pengadaan bahan mentah, kompleksitas manufaktur, dan biaya tinggi.